Kota Bandung Kembali Sabet Tropi IRSA

Kota Bandung Kembali Sabet Tropi IRSA
Istimewa



INILAH, Bandung - Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung kembali meraih penghargaan pada ajang Indonesia Road Safety Award (IRSA) 2019. Sebanyak enam penghargaan berhasil diraih dan mengantarkan menjadi pemenang utama Kategori Ibu Kota Provinsi.

Penghargaan diserahkan Direktur Tranportasi Bappenas Ikhwan Hakim kepada Wali Kota Bandung Oded M Danial di Grand Ballrom Shangri-La Hotel Jakarta, Selasa (17/12/19). Hadir pada acara tersebut perwakilan kota dan kabupaten finalis IRSA 2019.

IRSA merupakan bentuk kolaborasi dan sinergisitas lima pilar keselamatan jalan di Indonesia yang disesuaikan dengan Rancangan Umum Nasional (RUNK) jalan. Di antaranya Kementerian PPB/Bappenas, Kemenentrian Pekerjaan Umum dan Perumahab Rakyat (PUPR), Kementerian Perhubungan, Korps Lalu Lintas Polri, dan Kementerian Kesehatan.

“Alhamdulillah kinerja kita diapresiasi. Ini semua merupakan hasil kerja keras dari semua pihak di Kota Bandung,” kata Oded.

Dia memastikan Pemkot Bandung akan terus berinovasi dalam upaya mengampanyekan keselematan jalan dan mengevaluasi manajemen keselamatan jalan. Selain itu, juga akan terus mengembakan fasilitas penunjang safety road di Kota Bandung. 

"Kita akan terus lahirkan inovasi keselematan jalan seperti akses jalan yang baik. Kampanye #klikbiarselamat yang digaungkan dan inovasi inovasi keselematan jalan jalan lainnya. Tentunya penghargaan ini juga menjadi motivasi," ucapnya.

Di 2019, tercatat sebanyak 180 Kota dan Kabupaten yang ikut serta di ajang ini. Kemudian terpilih sebanyak 23 kota yang di antaranya Kota Bandung menjadi Finalis IRSA 2019.

Sebanyak 23 finalis terpilih berdasarkan data data keselamatan jalan seperti jumlah penduduk, luas wilayah, jumlah kecelakaan, jumlah fatalitas kecelakaan dan data pendukung lainnya. 

Kota Bandung meraih penghargaan di lima pilar. Kelimanya adalah Manajemen Keselamatan Jalan, Jalan yang Berkeselamatan, Kendaraan yang Berkeselamatan, Perilaku Pengguna Jalan yang Berkeselamatan, dan Pilar V yaitu Penanganan Pra dan Pasca Kecelakaan.

Selain data, penilaian IRSA juga dengan menyurvei mandiri ke lapangan. 

Diketahui, Laporan Tahunan Keselamatan Jalan tahun 2018 atau Bandung Road Safety Annual Report (BRSAR) 2018 merilis angka kecelakaan yang menyebabkan kematian di Kota Bandung pada tahun 2018 menurun sekitar 9 persen dibandingkan tahun sebelumnya.  (Yogo Triastopo)