Diskar Periksa Sistem Proteksi Kebakaran Gedung Balai Kota

Diskar Periksa Sistem Proteksi Kebakaran Gedung Balai Kota
Foto: Yogo Triastopo



INILAH, Bandung - Dinas Kebakaran dan Penanggulangan Bencana (Diskar PB) Kota melakukan pemeriksaan dan pengujian sistem proteksi kebakaran terhadap gedung Balai Kota Bandung. 

Kepala Bidang Pencegahan Kebakaran Diskar PB Kota Bandung Yosef Heryansyah mengatakan, pemeriksaan dan pengujian sistem proteksi kebakaran terhadap gedung-gedung di Kota Bandung telah menjadi kegiatan rutin. 

"Salah satunya seperti di Gedung Balai Kota ini, dan ini merupakan kegiatan rutin kami di setiap tahun untuk melakukan pemeriksaan dan pengujian, terutama gedung-gedung yang telah kami keluarkan rekomendasi," kata Yosef, Rabu (4/12/2019). 

Gedung Balai Kota Bandung, dituturkan dia merupakan salah satu gedung tua yang ada di kota dengan sebutan Paris van Java ini. Sistem proteksi kebakarannya pun terbilang sederhana, namun tidak ada persoalan dengan sistem tersebut. 

"Gedung ini masuk kategori gedung lama, dan kebanyakan sistem proteksi kebakarannya menggunakan APAR (Alat Pemadam Api Ringan). Artinya, minimal setiap 100 meter ada APAR dan itu sudah ada setelah kita cek," ucapnya. 

Selain APAR, Diskar PB Kota Bandung turut memeriksa dan menguji alat proteksi kebakaran lainnya seperti pompa air, sprinkler, alarm dan alat lainnya. 

"Iya tadi kita lakukan tes, apakah berfungsi atau tidak, dan semua berfungsi baik," ujar dia. (Yogo Triastopo)