Taman Sribaduga 'Mampet', Target Wisatawan Purwakarta Seret

Taman Sribaduga 'Mampet', Target Wisatawan Purwakarta Seret



INILAH, Purwakarta – Pesona alam Kabupaten Purwakarta, ternyata masih memiliki daya tarik tersendiri. Terutama, bagi masyarakat yang doyan berwisata. Terbukti, sampai saat ini banyak lokasi indah di wilayah tersebut masih jadi primadona sebagai tujuan berwisata ria.

Atas dasar itu, Pemkab Purwakarta melalui dinas terkait menargetkan di 2019 ini jumlah kunjungan wisatawan ke wilayah ini bisa mencapai 4 juta pengunjung. Bukan muluk-muluk, karena berkaca pada 2018 lalu, jumlah wisatawan yang berkunjung ke wilayah ini bisa mencapai 2,5 juta pengunjung.

Namun, target kunjungan tahun ini sepertinya tak bisa terealisasi sepenuhnya. Hal itu, jika melihat data kunjungan wisatawan hingga Oktober ini yang hanya baru mencapai 2 juta lebih pengunjung atau sekitar 60 persen saja. Rasanya mustahil target ini tercapai 100 persen di akhir tahun nanti.

Kasi Promosi dan Pengembangan Produk Wisata Daerah pada Disporaparbud Kabupaten Purwakarta, Acep Yulimulya menuturkan, banyak faktor yang menyebabkan turunnya jumlah kunjungan ini. Salah satunya, faktor cuaca.

“Selama ini, Taman Sribaduga (Situ Buleud) jadi andalan penyumbang terbesar kunjungan wisatawan. Tapi, selama kemarau ini kunjungannya menurun, karena tak ada pertunjukan air mancur menari,” ujar Acep saat berbincang dengan INILAH, Jumat (25/10/2019). (asep mulyana)