Berjasa Lindungi BMI, Pemkab Purwakarta Diganjar Penghargaan HWPA

Berjasa Lindungi BMI, Pemkab Purwakarta Diganjar Penghargaan HWPA



INILAH, Purwakarta – Pemkab Purwakarta dianggap berjasa membantu persoalan buruh migran Indonesia (BMI). Kementerian Luar Negeri pun mengganjarnya dengan Hassan Wirajuda Perlindungan Awards (HWPA).
 
Penghargaan diserahkan oleh Menteri Luar Negeri Retno Marsudi kepada Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kabupaten Purwakarta Titov Firman, akhir pekan kemarin.
 
Titov menjelaskan, Pemkab Purwakarta menjadi satu-satunya pemerintah daerah tingkat kabupaten yang mendapatkan HWPA 2018.
 
"Ada 18 nominator, salah satunya Purwakarta untuk kategori pemerintah daerah," ujar Titov kepada INILAH, Rabu (12/12/2018).
 
Menurut dia, penghargaan ini menjadi sebuah kebanggaan bagi Pemkab Purwakarta. Adapun 18 penerima penghargaan ini, di antaranya untuk kategori perorangan, masyarakat madani, jurnalis maupun kategori lembaga di bawah Kementerian Luar Negeri. Penghargaan bergengsi ini rutin digelar tiap tahun oleh Kemenlu.
 
Bupati Purwakarta Anne Ratna Mustika bangga dengan penghargaan yang diperoleh pemerintahannya. Tentunya, berkat kerja keras semua pihak, khususnya jajaran Disnakertrans.
 
"Kinerja dan pelayanan jajarannya di Dinas Tenaga Kerja cukup berhasil, terutama dalam perlindungan BMI di luar negeri. Keberhasilan ini merupakan upaya keras pemerintahan pada periode sebelumnya," ujar Anne.
 
Untuk itu, pihaknya akan meneruskan program dan keberpihakan pemerintah daerah dalam pelayanan dan perlindungan terhadap warga Purwakarta di luar negeri. Mengingat, Purwakarta merupakan salah satu kantong BMI di Jabar.