Ini Jurus Bupati Anne Kembangkan Ekonomi Kreatif Warganya

Ini Jurus Bupati Anne Kembangkan Ekonomi Kreatif Warganya



INILAH, Purwakarta – Bupati Purwakarta Anne Ratna Mustika memastikan di masa kepemimpinannya saat ini akan terus mendorong pengembangan ekonomi masyarakat. Salah satunya, dengan membantu pengembangan ekonomi kreatif warganya.

“Salah satu cara kami yakni dengan mendorong sektor Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di masyarakat supaya lebih berkembang,” ujar Anne kepada INILAH, belum lama ini.

Menurut Anne, sejauh ini denyut perekonomian masyarakatnya melalui UMKM cenderung berkembang. Atas dasar itu, pihaknya pun optimistis sektor UMKM ini akan terus berkembang di masa mendatang.

Optimistisme itu bukan tanpa alasan. Apalagi, dirinya melihat potensi pasar yang cukup besar. Hal itu, berkaca pada pertumbuhan sektor pariwisata di wilayahnya yang juga mengalami peningkatan. Menurut dia, ini menjadi peluang besar untuk meningkatkan perekonomian warganya.

“Peluang pengembangan Ekonomi kreatif ini sangat besar. Apalagi kan sektor pariwisata di kita juga sedang tumbuh pesat. Nah, ini yang kami dorong supaya warga bisa menangkap peluang tersebut,” kata Anne.

Anne menuturkan, salah satu upayanya untuk menggaungkan produk lokal ini, yakni melalui berbagai event, baik yang skala nasional maupun lokal. Sehingga, produk ekonomi kreatif masyarakatnya bisa mendapat pengakuan secara luas.

Pihaknya memproyeksikan, ke depan wilayahnya akan menjadi salah satu pusat buah tangan atau oleh-oleh. Adapun upaya pemerintah sendiri, kata dia, salah satunya dengan membantu dari sisi edukasi terkait pengembangan produknya. Kemudian, membantu dalam hal pemasarannya juga.

“Wisatawan itu pasar potensial. Warga Purwakarta harus menangkap peluang tersebut,” jelas Anne.

Terkait pemasarannya, upaya pemerintah sendiri tak lain dengan membantu menyiapkan outlet-outlet khusus. Makanya, kedepan pihaknya akan memperbanyak Galeri-galeri Menong yang siap menjajakan oleh-oleh hasil buah tangan masyarakatnya itu.

“Kalau pusat kuliner kan sudah banyak. Tinggal, kita bangun pusat oleh-oleh untuk para wisatawan. Kita ada contoh Galeri Menong, nanti itu kita perbanyak,” tambah dia.

Kedepan, kata dia, idealnya ada lima unit Galeri Menong yang siap menjajakan produk khas masyarakat di wilayah ini. Untuk tahun ini, akan dibangun dulu satu unit. Lokasinya, di sekitar Situ Buleud.

“Kita akan bangun secara bertahap,” pungkasnya. (Asep Mulyana)