Ma'arifah Hanif: "Pekerja Perempuan Harus Bebas Kanker

Ma'arifah Hanif: "Pekerja Perempuan Harus Bebas Kanker
Foto: Inilah/Maman Suharman



INILAH, Cirebon - Ma'arifah Hanif yang juga istri Menteri Tenaga Kerja Hanif Dhakiri meminta seluruh pekerja perempuan khususnya yang sudah menikah, melakukan pengecekan penyakit kanker. Hal itu disampaikan saat kunjungan bersama Iriana Jokowi di Kabupaten Cirebon, Kamis (3/10/2019).

Rombongan ibu negara ini salah satunya meninjau PT Embee Plumbon Textil dan PT Kreasi Garment Cirebon.

Ma’arifah menerangkan pemeriksaan penyakit kanker akan dilakukan di seluruh perusahaan-perusahaan di Indonesia. Tujuannya untuk meningkatkan produktivitas pekerja perempuan yang sudah menikah. Ma’arifah menilai, hal ini penting dilakukan karena kesehatan merupakan modal utama, terlebih bagi pekerja perempuan di Indonesia.

"Akan kita lakukan diseluruh Indonesia. Ini modal penting bagi pekerja perempuan. Mereka harus sehat, dan bebas dari penyakit kagker," ungkapnya kepada wartawan.

Alasan kenapa pekerja perempuan yang menjadi sasaran, menurutnya hal yang wajar. Pertama, pekerja perempuan harus sehat karena berhubungan dengan produktifitas kerja. Kedua, banyak pekerja perempuan yang sudah menikah yang tentunya harus sehat saat bekerja maupun di rumah.

"Jangan sampai pekerja perempuan menderita penyakit kanker, terlebih kangker septik. Ini harus dihindari karena mereka itu mengurus rumah tangga juga. Kalau sudah dicegah sejak dini, produktifitas saat bekerja pasti meningkat," jelasnya.

Sejak tahun 2015, pihak kementerian lanjutnya, sudah menjalan program yang bernama OASE ini. Tercatat, sudah lebih dari 20 ribu pekerja perempuan di seluruh Indonesia menjalani pemeriksaan. Sedangkan untuk Kabupaten Cirebon sendiri, ada sekitar 1.024 pekerja perempuan yang menjalani pemeriksaan.

"Ini intruksi ibu negara, yang meminta perempuan Indonesia harus sehat, termasuk pekerja perempuan. Jangan malu memeriksakan diri supaya bisa mencegah timbulnya penyakit kanker," ucapnya.

Ma'arifah menambahkan, data dari kementerian tenaga kerja menyebutkan, saat ini ada peningkatan kesehatan yang cukup meningkat. Peningkatan tersebut, salah satunya untuk pekerja perempuan. Dengan berjalannya program tersebut, banyak pekerja perempuan yang suka rela memeriksa kesehatannya, baik diperusahaan maupun diluar perusahaan.

"Semoga pekerja wanita di indonesia bebas penyakit kanker," tukasnya. (Maman Suharman)