Barcelona vs Inter, Tamu Tangguh!

Barcelona vs Inter, Tamu Tangguh!
Ilustrasi/Net



BARCELONA sedang labil menjamu Inter Milan yang punya rekor sempurna. Akankah Camp Nou menuai malu.

Pertarungan di Camp Nou, Kamis (3/10) dini hari WIB, memang jadi yang paling ditunggu-tunggu pada matchday kedua Liga Champions ini. Alasannya hanya satu: performa Nerazzurri sedang 'ngeri'.

Ya, Inter diyakini bisa membuat Barcelona benar-benar kerepotan. Sejak dibesut Antonio Conte, mereka tampil begitu solid. Alhasil, enam laga di pentas Serie A disapu bersih sekaligus menyegel puncak klasemen sementara.

Kondisi Barcelona agak berbanding terbalik. Inkonsistensi terus membayangi tim besutan Ernesto Valverde. Belum lagi, badai cedera yang tak henti mendera Los Azulgrana. Jadilah, laga ini akan sangat rumit untuk Antoine Griezmann dan kawan-kawan.

Tapi, Alexis Sanchez tetap meyakini Barcelona tetaplah berbahaya. Dia yang pernah berkarier di Camp Nou periode 2011-2014, itu tahu betul betapa kuatnya karakter serta mental sang mantan. "Kami (Inter) harus benar-benar sempurna untuk mengalahkan mereka," tegasnya.

Demi poin penuh, lanjut Sanchez, Inter harus cerdik memanfaatkan peluang. Selain itu, sekali saja melakukan blunder, maka sangat mungkin berujung fatal.

"Di kandang, mereka sangat kuat. Mereka punya kepercayaan diri untuk bermain di sana. Kalau kami punya satu atau dua peluang, kami tidak boleh menyia-nyiakannya. Saya pernah main di sana bersama MU dan kami membuang tiga atau empat peluang bersih," ujar Sanchez.

Inter harus belajar dari kegagalan memetik poin penuh ketika menjamu Slavia Praha pada matchday pertama lalu. Ketika itu gara-gara banyak peluang terbuang, mereka dipaksa menelan hasil seri 1-1.

"Kemudian mereka punya satu atau dua peluang, itu jadi gol, dan Anda tertinggal 0-3. Kalau mau mengalahkan Barcelona, Anda tidak boleh menyia-nyiakan peluang apapun," tegas Sanchez.

Pelatih Antonio Conte juga sudah punya strategi khusus untuk meredam alur serangan Barcelona. Dia ingin, timnya benar-benar menjalankan taktik dengan sempurna di lapangan nanti.

"Jika anda ingn membuat Barcelona dalam keadaan sulit, anda harus bermain dengan intens tapi pada saat bersamaan anda harus pandai membatasi pergerakan mereka," ungkap Conte.

Conte ingin barisan penyerang timnya bermain lepas. Artinya, manuver-manuver dengan mengandalkan kualitas individu pemain memang jadi hal wajib untuk dilakukan.

"Anda juga harus pandai menggiring bola dan membangun serangan," pungkas mantan pelatih Juventus itu.

Menunggu Messi

Dari kubu Barcelona, Pelatih Ernesto Valverde terus memantau kondisi Lionel Messi yang sempat dibekap cedera ketika laga melawan Villarreal, Kamis (25/9) lalu. Dia yakin, penyerang asal Argentina itu bisa pulih untuk tampil melawan Inter.

"Ini bukan masalah serius, ini hanya masalah kecil (cedera) dan kita akan melihat bagaimana dia melakukannya," ujar Valverde seperti yang dilansir dari media Italia, Sempreinter.

Valverde mengakui bahwa dengan keberadaan Messi di lapangan akan mempermudah Barcelona meraih kemenangan.

“Ketika dia berada di lapangan, kami memiliki kekuatan yang berbeda, yang kami rindukan ketika ia tidak ada di sana karena ia adalah pemain yang sangat menentukan," tuntasnya. (bsf)

HEAD TO HEAD

06/11/18: Inter 1-1 Barcelona

24/10/18: Barcelona 2-0 Inter

28/04/10: Barcelona 1-0 Inter

20/04/10: Inter 3-1 Barcelona

24/11/09: Barcelona 2-0 Inter

 

LIMA LAGA TERAKHIR BARCELONA

28/09/19: Getafe 0-2 Barcelona

24/09/19: Barcelona 2-1 Villarreal

21/09/19: Granada 2-0 Barcelona

17/09/19: Dortmund 0-0 Barcelona

14/09/19: BArcelona 5-2 Valencia

 

LIMA LAGA TERAKHIR INTER

28/09/19: Sampdoria 1-3 Inter

25/09/19: Inter 1-0 Lazio

21/09/19: Milan 0-2 Inter

17/09/19: Inter 1-1 Slavia Praha

14/09/19: INter 1-0 Udinese

 

PRAKIRAAN PEMAIN

Barcelona (4-3-3)

Stegen (GK) Firpo, Lenglet, Pique, Semedo (B) Arthur, Busquets, Jong (T) Griezmann, Suarez, Perez (D)

Pelatih: Ernesto Valverde

Inter Milan (3-5-2)

Handanovic (GK) Godin, Vrij, Skriniar (B) D'Ambrosio, Barella, Brozovic, Sensi, Asamoah (T) Martnez, Lukaku (D)

Pelatih: Antonio Conte