Purwakarta Bidik 4 Juta Wisatawan

Purwakarta Bidik 4 Juta Wisatawan
net



INILAH, Purwakarta – Pada 2020 mendatang, Kabupaten Purwakarta ditargetkan jadi salah satu destinasi pariwisata unggulan di Jabar. Bukan tanpa alasan, mengingat sektor pariwisata Purwakarta saat ini menunjukan perkembangan yang cukup signifikan dalam beberapa tahun terakhir.

Hal tersebut tentu berkat adanya upaya pemerintahan daerah setempat yang terus mempromosikan pariwisata di wilayah ini secara massif. Salah satunya, melalui berbagai event baik berskala nasional maupun lokal.

Tak hanya itu, dalam promosi tersebut pemerintah daerah pun turut menggandeng Kelompok Penggerak Pariwisata (Kompepar) yang ada. Sedikitnya ada delapan Kompepar yang selama ini terlibat dalam pengembangan pariwisata yang ada di Purwakarta.

“Selama ini, mereka (Kompepar) turut membantu mempromosikan pariwisata apa saja yang ada di Purwakarta,” ujar Kasie Promosi Wisata, Bidang Pariwisata dan Kebudayaan Disporaparbud Purwakarta Acep Yuli Mulya kepada INILAH, akhir pekan kemarin.

Acep mengakui, peran kompepar relatif menunjang bagi pengembangan sektor pariwisata. Mereka tak lain merupakan masyarakat yang ada di sekitar kawasan wisata. Adapun kompepar sendiri dibentuk berdasarkan kebijakan pemerintah. Sehingga, dalam pelaksanaan tugasnya harus memiliki kesamaan  dengan cita-cita pemerintah dalam hal pengembangan pariwisata.

“Peran mereka, tentu sangat menunjang bagi pengembangan pariwisata,” jelas dia.

Acep menjelaskan, saat ini di wilayahnya banyak terdapat lokasi eksotis yang bisa dikunjungi untuk berwisata. Pihaknya telah menetapkan, ada 62 destinasi wisata di wilayah itu. Karena itu, kata Acep, ini sudah menjadi komitmennya bagaimana caranya mengembangkan seluruh potensi wisata yang ada ini. Termasuk mengandalkan keterlibatan berbagai pihak.

“Setiap tahun, selalu ada penambahan destinasi wisata. Hingga akhir 2018 kemarin, tercatat sudah ada 62 lokasi wisata yang tersebar di hampir seluruh kecamatan yang ada. Tugas kami, bagaimana membantu mempromosikannya,” kata dia.

‎Dia menambahkan, dengan banyaknya tepat wisata primadona pihaknya memprediksi jumlah kunjungan wisatawan pun akan lebih meningkat lagi. Tahun ini, pemkab menargetkan kunjungan wisatawan ke Purwakarta bisa mencapai 4 juta pengunjung. Pihaknya optimis, target kunjungan ini bisa tercapai. Apalagi, saat ini sudah banyak pilihan destinasi wisata yang bisa dikunjungi.

“Saya kira target kunjungan wisata sebanyak itu tidak muluk-muluk. Sudah kami hitung dan ini sangat rasional. Makanya, kita push supaya lokasi wisata yang ada ini bisa menjadi magnet bagi wisatawan,” pungkasnya. (Asep Mulyana)