Imron Dukung KPK Periksa Anak Buahnya dalam Kasus TPPU Sunjaya

Imron Dukung KPK Periksa Anak Buahnya dalam Kasus TPPU Sunjaya



INILAH, Cirebon – Pelaksana Tugas Bupati Cirebon, Imron Rosyadi, memberikan dukungan penuh kepada Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) yang memeriksa beberapa pejabat Pemkab Cirebon, terkait kasus dugaan korupsi mantan Bupati Cirebon, Sunjaya Purwadi. Menurutnya, penegakan hukum jangan pandang bulu.

"Secara pribadi saya mendukung penuh KPK yang memeriksa anak buah saya di Pemkab Cirebon. KPK lembaga yang konsen memberantas korupsi dan harus didukung semua pihak, " kata Imron, usai salat Jumat (27/9/2019).

Menurut Imron, sebagai ASN, pasti ada konsekuensi yang harus ditanggung. Namun bukan berarti semua yang diperiksa KPK melanggar hukum. Bisa saja KPK hanya meminta keterangan dan tambahan bukti, untuk memperkuat data.


"Hadapi saja, karena ini konsekuensi ASN ketika ada masalah. Selagi benar, tidak boleh takut karena KPK tidak akan gegabah menetapkan tersangka, " jelasnya.

Ditanya, apakah selama ini sudah didatangi pejabat yang diperiksa KPK, dengan tujuan koordinasi, Imron mengaku belum ada. Tapi, ketika bertemu saat acara kedinasan, ada beberapa yang minta pendapatnya. Dirinya hanya menyarankan untuk tetap optimis dan bekerja sesuai aturan.

"Saya berusaha mengingatkan kepada anak buah saya. Jangan resah dan hadapi saja. Meski ada efek pisikologis, tapi mau bagaimana lagi. Sebagai ASN punya kewajiban bekerja sesuai aturan, " tukas Imron.

Seperti diketahui, KPK kembali memeriksa lebih dari 50 pejabat di lingkungan Pemkab Cirebon. Pemeriksaan ini berkaitan dengan dugaan Tindak Pidana Pencucian Uang (TPPU) yang masih berhubungan dengan kasus korupsi Sunjaya. Saat ini, Sunjaya sudah divonis 5 tahun penjara dan sepertinya akan kembali di garap pengadilan Tipikot dalam kasus TPPU. (maman suharman)