Gempungan, Program Pelayanan Jemput Bola ala Purwakarta

Gempungan, Program Pelayanan Jemput Bola ala Purwakarta
Foto: INILAH/Asep Mulyana



INILAH, Purwakarta - Di Kabupaten Purwakarta ada program unggulan‎ sebagai bagian dari upaya pemerintah memberikan pelayanan ekstra kepada masyarakat. 'Gempungan di Buruan Urang Lembur', begitulah sebutan program yang diluncurkan sejak zaman Dedi Mulyadi menjabat bupati.

Sebagai gambaran, Gempungan merupakan program pelayanan jemput bola dari seluruh dinas kepada masyarakat. Kegiatan dari program ini biasanya dipusatkan di lapangan desa atau kantor desa yang ada secara bergiliran dalam sepekan sekali.

Dalam kegiatan ini, berbagai macam pelayanan mulai program Keluarga Berencana (KB), pembuatan dokumen kependudukan, pelayanan kesehatan, hingga pelayanan izin usaha dilakukan dalam satu lokasi.

Program ini merupakan bentuk pelayanan ekstra dari pemerintah untuk mempermudah masyarakat. Jadi, melalui program ini seluruh leading sector dinas yang membidangi pelayanan masyarakat, mendatangi langsung simpul-simpul massa yang membutuhkan pelayanan di satu lokasi.

Bupati Purwakarta Anne Ratna Mustika menuturkan, program gempungan masih terus berjalan karena cukup efektif membantu keperluan masyarakat.

"Kegiatan ini sudah terjadwal. Jadi, setiap desa dapat giliran untuk dijadikan lokasi gempungan. Jadwalnya sepekan sekali, yakni tiap hari Rabu," ujar Anne, Rabu (25/9/2019).

Anne berpendapat, program ini merupakan salah satu bentuk ikhtiar pemkab dalam hal memaksimalkan pelayanan publik. Tujuan lainnya, untuk lebih mendekatkan pemerintah dengan masyarakat.

"Program ini polanya jemput bola. Jadi masyarakat yang membutuhkan pelayanan pemerintah tak perlu datang ke kantor dinas terkait, tapi cukup datang ke lapangan yang ada di desa. Karena, semua pelayanan ada di situ," jelas dia.

Dia menambahkan, dalam program ini ada 11 organisasi perangkat daerah (OPD) yang terlibat. Misalnya, dari mulai bidang kesehatan, administrasi kependudukan, pendidikan, hingga perizinan. (Asep Mulyana)