Besok, Jurnalis Ciayumajakuning Demo RKUHP

Besok, Jurnalis Ciayumajakuning Demo RKUHP
Foto: Istimewa



INILAH, Cirebon - Seluruh jurnalis di wilayah Cirebon, Indramayu, Majalengka, Kuningan (Ciayumajakuning), rencananya akan turun ke jalan di depan Gedung DPRD Kabupaten Cirebon pada Kamis (26/9/2019). Mereka akan menggelar aksi unjuk rasa menolak Revisi KUHP yang di dalamnya mengandung unsur pengekangan kebebasan pers.

"Ini bentuk keprihatinan kami sebagai jurnalis, terkait revisi KUHP. Di sana jelas, kebebasan pers dikebiri. Maka dari itu kami menolak revisi tersebut, " kata korlap aksi Faizal Nurathman, Rabu (25/9/2019).

Faizal menilai, seluruh jurnalis harus menyikapi dan menolak secara serentak revisi KUHP supaya tidak disahkan menjadi undang-undang. Kalau DPR benar-benar mengesahkan revisi tersebut, fungsi jurnalis akan tumpul dan tidak bisa lagi indevenden dalam menyajikan pemberitaan.

"Bahaya kalau revisi ini disahkan menjadi undang-undang. Tugas kita sebagai jurnalis mau bagaimana? Kita nanti selalu dibayangi ketakutan dalam menjalankan tugas jurnalistik. Untuk itu, kita perlu menolak revisi ini," jelasnya.

Para jurnalis akan meminta ketegasan anggota dewan, apakah pro rakyat atau pro kepentingan politik. Gedung DPRD dewan adalah lokasi yang tepat untuk menyuarakan aspirasi para jurnalis.

"Kami akan duduki gedung dewan. Kami akan meminta kejelasan dari mereka, apakah pro rakyat atau pro dengan kepentingan politik, " kata Kirno, salah satu jurnalis senior Cirebon. (Maman Suharman)