Bupati Anne Upayakan Tekan LPP hingga 1 %

Bupati Anne Upayakan Tekan LPP hingga 1 %
Bupati Purwakarta Anne Ratna Mustika.



INILAH, Purwakarta – Laju pertumbuhan penduduk (LPP) Kabupaten Purwakarta masih cukup tinggi di kisaran 1,34 persen dari jumlah penduduk wilayah ini yang hanya di bawah 1 juta jiwa. Seharusnya, untuk ukuran Purwakarta, LPP ini bisa ditekan di angka satu persen.

Bupati Purwakarta, Anne Ratna Mustika mengakui hal itu. Meskipun, kata dia, sebenarnya LPP di wilayahnya ini lebih rendah dibanding LPP provinsi yang mencapai 1,56 persen dari jumlah penduduk. Menurutnya, masih tingginya LPP ini disebabkan beberapa faktor. Semisal, banyaknya masyarakat yang lebih memilih memakai progam KB jangka pendek.

“Banyaknya kaum urban yang datang ke wilayah kami, juga menjadi salah satu faktor penyebab tak terkendalinya laju pertumbuhan penduduk ini,” ujar Anne kepada INILAH, Selasa (24/9/2019).

Anne berpendapat, sebenarnya jika masyarakat menggunakan alat kontrasepsi jangka pendek itu sangat berbahaya. Apalagi, yang kategori hormonal, semisal pil dan suntik. Menurut dia, jika program KB dengan cara seperti itu dipakai berulang-ulang, justru bisa membahayakan si penggunanya sendiri.

“Makanya, kedepan kita arahkan masyarakat untuk memakai alat KB yang jangka panjang (MKPJ),” jelas dia.

Anne menjelaskan, untuk mengatasi persoalan tersebut memang perlu keseriusan dan ketegasan dari pemerintah. Termasuk, memaksa warganya untuk mengikuti program KB jangka panjang. Apalagi, KB saat ini sudah banyak pilihan, salah satunya IUD.

“Saat ini KB sudah beragam. Sehingga, tak ada alasan lain bagi pasangan suami isteri untuk tidak ikut program pemerintah ini. Terutama, mereka yang memiliki tingkat kesuburan cukup tinggi,” tambah dia.

Anne menambahkan, untuk menekan angka kelahiran pihaknya terus melakukan sosialisasi, termasuk menguatkan peran para kader, tim penggerak PKK serta memanfaatkan pelayanan gempungan. Kemudian, meningkatkan kontrol melalui progran ketahanan keluarga dan pembangunan kampung KB. (Asep Mulyana)