Satpol PP Purwakarta Bentuk Pasukan Khusus Linmas

Satpol PP Purwakarta Bentuk Pasukan Khusus Linmas
Ilustrasi/Inilahkoran



INILAH, Purwakarta - Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kabupaten Purwakarta akan membentuk pasukan khusus dari satuan Linmas. Tugasnya seperti polisi kampung menjaga keamanan dan ketertiban umum di masing-masing desa.

Kabid Linmas, Satpol PP Purwakarta, Bayu Permadi menuturkan, pembentukan pasukan khusus Linmas ini sengaja dilakukan. Tujuannya, supaya anggota linmas ini memiliki peran lebih dalam menjaga ketertiban umum. 

"Kita akan latih mereka supaya menjadi pasukan khusus," ujar Bayu kepada INILAH, di kantornya, Rabu (3/7/2019).

Bayu mengatakan, tujuan lain peningkatan kualitas petugas Linmas ini, juga untuk mengubah imej yang selama ini disematkan jika mereka hanya bertugas jika ada hajatan saja.

Bayu menjelaskan, di wilayahnya saat ini ada sebanyak 2.880 petugas linmas. Dengan rincian, setiap desa 15 orang. Selama ini, mereka bertugas dan loyal untuk membantu kegiatan desa dan lingkungan masing-masing. 

Tak hanya itu, sejauh ini mereka juga diberi tanggung jawab untuk membantu dalam penanggulangan bencana, membantu menjaga keamanan, ketentraman dan ketertiban masyarakat, serta membantu dalam kegiatan sosial kemasyarakatan di desanya.

"Nah, kedepan kita akan tingkatkan kualitasnya. Baik dari sisi kedisiplinnya, hingga loyalitasnya terhadap keamanan negara," jelas dia.

Setelah dibentuk pasukan khusus, kata dia, mereka akan mendapat tugas tambahan, yakni berpatroli keliling kampung secara bergantian. Jadi, seragam mereka tak hanya dipakai jika ada acara-acara tertentu saja. Tapi, harus dipakai sehari-hari selama bertugas.

"Nanti juga kita bekali mereka surat tugas," kata dia.

Dalam peningkatan kualitas petugas Linmas tersebut, sambung dia, untuk sementara akan dilakukan oleh internal Satpol PP. Kedepan, bukan tidak mungkin dalam pelatihan mereka, pihaknya akan melibatkan tenaga profesional dari unsut TNI/Polri.

Terkait honorarium, kata dia, selama ini petugas Linmas mendapatkan honor tugas dari pemerintah setiap bulannya. Nanti, setelah dibentuk pasukan khusus tersebut, pihaknya akan mengupayakan untuk peningkatan kesejahteraan mereka.

"Nanti kan tugas mereka tambah berat. Jadi, kesejahteraanya pun harus diperhatikan. Ini sedang kami upayakan," tambah dia.

Dia menambahkan, pembentukan pasukan khusus linmas ini sepertinya akan realisasi pada Agustus mendatang. Dia berharap, peran petugas Linmas nantinya bisa lebih maksimal membantu persoalan di masyarakat. (Asep Mulyana)