Sampurasun Purwakarta, Aplikasi Kepariwisataan Terbaik Nasional

Sampurasun Purwakarta, Aplikasi Kepariwisataan Terbaik Nasional



INILAH, Purwakarta – Melalui media promosi digital berbasis aplikasi android bernama Sampurasun Pariwisata Purwakarta dinobatkan sebagai juara ketiga dalam kategori Promosi Pariwisata Digital. Inovasi Pemkab Purwakarta tersebut mendapat penghargaan dalam Ajang Anugerah Pesona Indonesia 2018 dari Kementerian Pariwisata RI.
 
Kepala Bidang Pariwisata dan Budaya Disporaparbud Kabupaten Purwakarta Heri Anwar mengatakan, cukup berbangga hati karena kerja keras jajarannya bisa mengharumkan nama Purwakarta melalui ajang bergengsi tahunan tingkat nasional itu.
 
"Terima kasih kepada semua pihak yang telah mendukung sehingga mengantarkan aplikasi Sampurasun Pariwisata Purwakarta meraih prestasi. Semoga kepariwisataan Purwakarta bisa terus berkembang," ujar Heri kepada wartawan, Jumat (23/11/2018).
 
Menurut Heri, dengan prestasi yang baru didapat, tidak serta merta membuat jajarannya berhenti berinovasi. Penataan kepariwisataan akan terus dilakukan semaksimal mungkin. Pihaknya berkomitmen untuk terus mengembangkan seluruh potensi pariwisata di wilayah kerjanya. 
 
"Ini semua berkat kerja sama semua pihak. Kami berkomitmen untuk terus mengembangkan potensi pariwisata," ujar Heri.
 
Seperti diketahui, saat ini Pemkab Purwakarta memiliki sebuah layanan kepariwisataan berbasis teknologi guna memberikan pelayanan prima kepada masyarakat. Program digital dengan sistem android ini merupakan pelengkap dari 'Ogan Lopian' atau program aplikasi khusus pelayanan yang telah diluncurkan beberapa waktu lalu. 
 
'Sampurasun Pariwisata' begitulah sebutan untuk aplikasi kepariwisataan itu. Dengan aplikasi berbasis android ini, wisatawan bisa mengakses tentang pariwisata di Purwakarta melalui telepon pintar. Aplikasi ini diluncurkan guna menunjang kebutuhan masyarakat, terutama bagi mereka yang membutuhkan informasi mengenai kepariwisataan di Purwakarta.
 
Saat ini aplikasi 'Sampurasun' sudah bisa diunduh melalui telepon pintar berbasis android. Jika aplikasi telah diunduh, saat itu juga masyarakat bisa menikmati layanan yang ada di dalamnya. Misalnya untuk mencari hotel, rumah makan khas, cafe, tempat nongkrong dan lokasi wisata (alam, kuliner dan religi) yang ada di Purwakarta. Aplikasi tersebut bakal menampilkan lokasi yang hendak dituju masyarakat, berikut dengan penunjuk jalannya.
 
Tak hanya informasi soal destinasi wisata dan lokasi penting lainnya yang ada di wilayah itu‎, melalui aplikasi ini masyarakat bisa menikmati layanan lain. Karena, dalam aplikasi ini juga ada beberapa menu yang bisa diakses oleh masyarakat. Sebut saja salah satunya, layanan Ojek Wisata.‎
 
Layanan Ojek Wisata yang jadi salah satu menu di aplikasi tersebut, nantinya jadi di sarana penunjang bagi wisatawan. Jadi, wisatawan yang berkunjung ke Purwakarta bisa menggunakan jasa mereka untuk berkeliling tempat wisata. Mereka (tukang ojek) ini, juga sekaligus‎ akan menjadi pemandu wisata.
 
Jadi, layanan ojek ini nantinya bisa dinikmati sebagai armada sekaligus pemandu bagi para pelancong untuk mengeksplor seluruh lokasi wisata yang ada. Penasaran? Silahkan didownload saja aplikasinya, dan nikmati layanan kepariwisataan di Purwakarta.