Purwakarta Butuh Akses Tol Baru

Purwakarta Butuh Akses Tol Baru
Ilustrasi/Antara Foto



INILAH, Purwakarta - Pemkab Purwakarta mengusulkan pembukaan interchange baru di wilayah itu. Alasannya tak lain demi membuka ruang perekonomian masyarakat. 

Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Purwakarta, Aef Durohman menuturkan, selama ini wilayahnya sudah terhubung dengan tiga akses tol. Yakni, Cikopo, Jatiluhur dan Sadang.

"Tahun ini kami telah mengusulkan ke Kementerian PUPR untuk membuka akses tol baru. Yakni interchange Cicadas, Kecamatan Babakan Cikao, yang nantinya terkoneksi dengan Tol Jakarta-Cikampek," ujar Aef kepada wartawan, Senin (1/7/2019).

Menurut Aef, simpang susun Cicadas ini bisa memberikan dampak positif terutama untuk investasi. Terlebih, jalur yang diusulkan untuk interchange ini terkoneksi dengan kawasan Industri.

"Sepertinya, pembangunan interchange baru ini akan mulai action pada 2020 mendatang," jelas dia.

Untuk panjang ruas jalan tol ini berada di wilayah Kabupaten Purwakarta kurang lebih 7 Kilometer, dengan meliputi empat desa di Kecamatan Babakancikao.
 
"Ruas tol ini nantinya akan melewati Desa Cigelam, Desa Hegarmanah, Desa Cicadas dan Desa Cilangkap. Atau masuk ke seksi 6 antara Kutanegara-Sadang," tambah dia.

Dia kembali menambahkan, pembangunan Jalan Tol Jakarta-Cikampek 2 ini direncanakan akan mulai dibangun pada 2020. Tol tersebut, rencananya akan menghubungkan Sadang-Jatiasih dengan panjangnya hampir 62 kilometer. (Asep Mulyana)