Pengelola Wisata di Purwakarta Diminta Kerja Sama dengan Asuransi

Pengelola Wisata di Purwakarta Diminta Kerja Sama dengan Asuransi
Foto: Net



INILAH, Purwakarta – Kabupaten Purwakarta memiliki 'seabrek' lokasi eksotis yang bisa dikunjungi wisatawan.‎ Lokas wisata ini pun tersebar di wilayah tersembunyi yang sangat jarang dijamah manusia.

Sayanganya, sejauh ini tak satupun pengelola pariwisata ini memperhatikan kelengkapan fasilitas penunjang. Salah satunya terkait standardisasi perlindungan dan keselamatan pengunjung.

Kepala Dinas Pemuda, Olahraga, Pariwisata dan Budaya, Kabupaten Purwakarta Agus Hasan Saefudin mengimbau pengelola wisata lebih memperhatikan perlindungan bagi pengunjungnya.

"Pengelola wisata wajib menjamin keselamatan pengunjungnya," ujar Agus kepada wartawan, Senin (17/6/2019).

Agus menjelaskan, salah satu upaya yang akan dilakukan dinasnya adalah mendorong pengelola wisata bekerja sama dengan pihak asuransi.

"Ini bisa menjadi bentuk perlindungan pengelola wisata terhadap wisatawannya," jelas dia.

Agus mengaku, imbauannya telah disampaikan kepada seluruh pengelola wisata. Dia berharap imbauannya bisa dijalankan guna memaksimalkan pelayanan kepada para wisatawan. Tak hanya berkaca pada kejadian dua orang meninggal di sebuah kolam renang, beberapa waktu lalu, pihaknya juga meminta pengelola wisata air bisa menyiapkan minimalnya tiga petugas pengawas kolam renang serupa lifeguard.

"Jika terjadi insiden seperti itu bisa segera ditanggulangi," pungkasnya. (Asep Mulyana)