Purwakarta Siapkan Rp600 Juta Tambah PJU Baru

Purwakarta Siapkan Rp600 Juta Tambah PJU Baru
Ilustrasi/Inilahkoran



INILAH, Purwakarta - Dinas Tata Ruang dan Pemukiman (Distarkim) Kabupaten Purwakarta, akan menambah 76 titik penerangan jalan umum (PJU) di sejumlah jalur yang ada pada tahun ini. Untuk anggarannya sendiri, telah dialokasikan sekitar Rp600 juta.

"Untuk titiknya masih kami survei. Pemasangan PJU baru ini, kemungkinan akan dipasang dalam waktu-waktu dekat ini," Kepala Bidang Pertamanan dan PJU, Distarkim Purwakarta, Kosasih kepada INILAH, beberapa waktu lalu.

Dia menjelaskan, hasil inventarisasi jajarannya sampai saat ini sudah terpasang sekitar 3.600 PJU yang tersebar di seluruh jalur, baik jalan milik kabupaten, provinsi maupun jalan pusat.

Pada umumnya, dia mengklaim, kondisi jalan milik kabupaten itu sejauh ini telah terpasang PJU. Hanya saja, memang ada beberapa jalan pedesaan yang belum terpasangan penerangan. 

Namun demikian, kedepan pihaknya memastikan jalur-jalur yang belum tersentuh PJU bisa segera dipasang. 

"Yang jelas, hal ini pun menjadi prioritas kami selama ini," terang dia.

Terkait konsep PJU sendiri, kata dia, sepertinya menggunakan jaringan listrik, bukan PJU yang bersumber dari tenaga surta. Karena, kata dia, dari pengalaman yang sudah-sudah, PJU dengan konsep tenaga surya ini rawan pencurian.

"Panel penyimpan listriknya kerap dicuri. Jadi, sepertinya yang pakai jaringan listrik langsung saja," jelas dia. (Asep Mulyana)