Amankan Arus Mudik, Polres Purwakarta Siapkan Penembak Jitu

Amankan Arus Mudik, Polres Purwakarta Siapkan Penembak Jitu



INILAH, Purwakarta - Polres Purwakarta, beserta jajaran TNI dan unsur pemerintahan daerah setempat, telah melakukan persiapan cukup maksimal untuk kelancaran arus mudik dan balik lebaran 2019 ini.

Kapolres Purwakarta, AKBP Matrius menuturkan, dalam pengamanan arus mudik ini, petugas gabungan yang diterjunkan mencapai 1.134 personil. "Selain tim gabungan, kami juga mendapat kekuatan personel atau BKO dari Polda lebih banyak dibandingkan tahun lalu. Jumlahnya sebanyak  289 personil," ujar Matrius, Rabu (29/5/2019).

Dari jumlah petugas tambahan ini, kata dia, 60 personil diantaranya adalah siswa stupa (pendidikan). Tahun ini, mereka turut dilibatkan dalam pengamanan lebaran di Purwakarta

Penambahan personil ini bukan tanpa alasan, mengingat adanya perubahan traffic lalulintas (lalin). Hal mana, saat ini ada gerbang tol utama baru pengganti GT Cikarut jadi di Tol Japek KM 70 arah Jawa dan Cipularang km 67 arah Bandung.

Dia menjelaskan, Polres Purwakarta mendapat tanggung jawab untuk menjaga dan memelihara keamanan ketertiban keselamatan dan kelancaran lalin.

Terkait antisipasi kasus intoleransi yang mengarah ke radikalisme dan terorisme, Kapolres menyebut, pihaknya juga telah menyiapkan patroli skala besar gabungan TNI/Polri. Petugas gabungan ini, akan mengintensifkan patroli di waktu-waktu tertentu. "Kami juga menyiagakan tim khusus yang mem-backup anggota sedang melaksanakan pengamanan di jalan," tambah dia.

Selain itu, tambah dia, jajarannya menyiagakan regu penembak jitu (sniper) yang merupakan backup dari satuan Polda Jabar khususnya densus yang ada di dua titik. Terutama di Pos Pengamanan Cikopo dan Pasar Jumat. (asep mulyana)