Siswa SMKN 3 Kota Bandung Magang di Jepang

Siswa SMKN 3 Kota Bandung Magang di Jepang
Kepala SMKN 3 Kota Bandung Hj Euis Purnama bersama siswa yang akan magang ke Jepang. (Okky Adiana)



INILAH, Bandung - Lima orang lulusan Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) 3 Kota Bandung, tahun ini akan kerja magang di Jepang selama lima tahun. Selain itu, ada delapan lulusan lainnya yang akan magang di Taiwan dan Malaysia.

Kepala SMKN 3 Kota Bandung Hj Euis Purnama mengatakan, pihaknya telah melakukan MoU (nota kesepahaman) dengan beberapa perusahaan di Jepang.

Hal itu, kata Euis, dilaksanakan dalam menyongsong era revolusi industri 4.0, karena lulusan SMKN 3 Bandung sudah siap berkompetisi secara regional tidak hanya di Indonesia.

“Kita buka di web melalui google form (kerja magang) ternyata anak-anak ada yang mengisi ke Jepang, Taiwan, dan Malaysia. Kini lulusan kami ada perintis yang magang ke luar negeri tidak kurung batok,” ujar Euis kepada INILAH.

Sebelum berangkat ke Jepang, lanjut dia, mereka akan dilatih dan kursus bahasa Jepang selama enam bulan di UPI Bandung.

Selama di Jepang anak-anak akan mendapat gaji kurang lebih sebesar Rp24 juta. Kalau hidup hemat dan apik mereka bisa menabung untuk modal masa depan mereka, baik untuk kuliah ataupun membuka usaha.

“Saya terus memberi motivasi kepada mereka sebagai pionir magang ke mancanegara, sehingga dapat menyemangati adik kelasnya untuk mengikuti hal serupa dan lebih banyak lagi,” ujar Euis.

Lulusannya yang akan magang di Jepang, Nurdianayah menambahkan, bahwa motivasi dirinya berangkat ke Jepang adalah karena sudah menjadi impian sejak lama yang kini menjadi kenyataan.

“Saya sangat tertarik terhadap kedisiplinan dan kemajuan negara Jepang, sehingga ingin bekerja di sana,” kata Nurdiansyah.

Pesona negara tersebut membuat mereka berani mengambil keputusan untuk bisa bekerja di negara Jepang. Mereka sangat bersyukur dan berterima kasih atas kesempatan yang mereka miliki, menyadari tidak semua orang punya kesempatan seperti mereka.

“Kami sangat berterima kasih kepada Ibu Kepala Sekolah dan para guru di SMKN 3 Bandung, atas bimbingannya selama kami di sini (SMKN 3), sehingga kami bisa menggapai impian kami bekerja di Jepang,” tambahnya. (Okky Adiana)