Polres Purwakarta Antisipasi Kejahatan Jalanan Jelang Lebaran

Polres Purwakarta Antisipasi Kejahatan Jalanan Jelang Lebaran
(Asep Mulyana)



INILAH, Purwakarta - Jelang musim mudik dan balik lebaran 2019, jajaran Satuan Reserse dan kriminal (Satreskrim) Polres Purwakarta, telah melakukan serangkaian persiapan dan antisipasi. 

Salah satunya, menyiagakan personil dan tim khusus di titik-titik yang dianggap rawan kejahatan. Hal itu, guna menekan terjadinya aksi kriminalitas yang mengancam masyarakat, terutama pemudik. 

Kasat Reskrim Polres Purwkarta, AKP Handreas Adrian menuturkan, jelang lebaran ini banyak hal yang diantisipasi jajarannya. Di antaranya, aksi kriminalitas jalanan semisal begal, Jambret dan copet. Serta, tawuran antar kampung. 

"Sejauh ini, hasil pemetaan kami, di wilayah ini ada beberapa wilayah yang rawan aksi kriminalitas dan kejahatan jalanan, " ujar Handreas kepada INILAH, Jumat (17/5/2019).

Adapun wilayah yang paling diantisipasi, yakni di jalur-jalur krusial, wilayah Purwakarta kota dan perbatasan antar kabupaten. Misalnya, sekitar Cikopo yang berbatasan dengan Karawang, serta sekitar Sadang.

Selain di titik-titik tersebut, sambung dia, pihaknya mewaspadai seluruh Rest Area yang ada. Untuk itu, di moment mudik nanti pihaknya juga menerjunkan Tim Cobra (Tim Khusus Reskrim). 

"Selain mobile, beberapa anggota tim juga akan bergantian standby di pos-pos terpadu," jelas dia. 

Handreas menambahkan, sejak beberapa hari terakhir timsus Cobra ini telah diterjunkan untuk melakukan patroli guna menjaga kekhidmadan puasa. Patroli tersebut untuk mengantisipasi kerawanan aksi kejahatan terlebih saat malam hari.

Sementara itu, Kanit Jatanras Polres Purwakarta Ipda Putra Adi Winarta menambahkan, patroli yang dilakukan timnya saat ini di fokuskan di sejumlah titik krusial rawan aksi kejahatan. 

"Kita beritahukan kepada masyarakat khususnya warga di Purwakarta jangan takut kalau pulang malam ketemu sama genk motor atau jambret. Timsus Cobra selalu hadir memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat," ujar Putra. 

Selain pusat kota Purwakarta, wilayah lain yang menjadi sasaran patroli yaitu kawasan industri di Bungursari dan Campaka, serta wilayah lain yang di anggap rawan aksi kejahatan. 

"Jika masyarakat mengetahui adanya tindakan kriminalitas atau yang menggangu ketertiban umum jangan takut laporkan saja kepada kami," tambah dia. (Asep Mulyana)