Baznas Purwakarta Targetkan Penghimpunan Zakat Capai Rp3 M

Baznas Purwakarta Targetkan Penghimpunan Zakat Capai Rp3 M
Foto: Net



INILAH, Purwakarta – Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Purwakarta telah merumuskan besaran zakat fitrah tahun ini. Adapun zakat fitrah yang telah ditetapkan sebesar Rp32 ribu per jiwa. 

Ketua Baznas Kabupaten Purwakarta Safarudin mengatakan, pihaknya telah menyosialisasikan surat keputusan terkait besaran zakat fitrah ke masyarakat. Tentunya melalui unit pengelola zakat (UPZ) Baznas tingkat Kecamatan hingga RT/RW.

"Untuk besaran zakat fitrah ini telah ditetapkan dan sosialisasikan," ujar Safarudin kepada wartawan, Selasa (14/5/2019).

Dia menjelaskan, besaran zakat fitrah ditetapkan berdasarkan harga umum beras sekitar Rp12.800 per kilogram dikalikan 2,5 kilogram. Dengan nilai zakat sebesar itu, pihaknya menargetkan penghimpunan zakat fitrah, infaq dan sodaqoh masyarakat tahun ini mencapai Rp3 miliar. 

"Targetnya masih sama dengan tahun lalu. Kendati, di 2018 lalu kita nilainya Rp3,5 miliar atau melebihi target," jelasnya.

Dia menambahkan, dalam penghinpunan zakat ini Baznas sudah menggandeng pemerintah daerah dan perusahaan maupun BUMD untuk pembentukan UPZ. Selain itu, pihaknya terus berupaya menggenjot supaya masyarakat bisa menyalurkan hartanya melalui Baznas. Artinya, tidak lagi dikelola dan disalurkan sendiri. Baznas berkomitmen mendukung program pemerintah dalam hal pengentasan kemiskinan.

"Kita juga sudah bersinergi dengan pemkab, supaya para ASN bisa menyalurkan zakat, infaq dan sodakohnya melalui Baznas," pungkasnya. (Asep Mulyana)