ASN Disdik Purwakarta Tertangkap Tangan Lakukan Pungli

ASN Disdik Purwakarta Tertangkap Tangan Lakukan Pungli



INILAH, Purwakarta - Seorang pegawai di lingkungan Dinas Pendidikan Kabupaten Purwakarta, tertangkap tangan oleh Tim Saber Pungli Polres Purwakarta, tengah melakukan pungutan secara ilegal, Senin (13/5/2019) siang.

Oknum Aparatur sipil negara (ASN) tersebut, diketahui merupakan pegawai di lingkungan UPTD Pendidikan di Kecamatan kota. Pegawai inisial MS itu diduga melakukan pungli pada administrasi guru-guru sekolah dasar yang memasuki masa pensiun.

Informasi yang diperoleh INILAH, MS diamankan di tempat kerja di Jalan Veteran, Gang Beringin. Kabarnya, dia menjanjikan memberikan kemudahan dengan meminta imbalan uang kepada para guru yang masuk persiapan pensiun (MPP).

Kasat Reskrim Polres Purwakarta, AKP Handreas Ardian membenarkan terkait penangkan oknum ASN itu. Dia menjelaskan, MS tertangkap tangan berikut barang bukti uang yang disimpan didalam amplop sebanyak Rp 800 ribu."Yang berasangkutan masih dalam pemeriksaan. Nanti perkembangannya diinfokan kembali," ujar Handreas.

Menurut Handreas, dari hasil gelar perkara Pokja yustisi nantinya dapat diambil sejumlah tindakan. Pertama, mengembalikan pelaku kepada intansi terkait dan pengenaan dengan administrarif. "Langkah terakhirnya adalah penegakan hukum," kata dia.

Sementara itu, saat dikonfirmasi, Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Purwakarta, Purwanto mengaku, jika benar ASN tersebut melakukan tindakan pungli, jelas mencoreng nama baik instansinya."Kami sudah sering menyampaikan, tidak ada bentuk pungutan apapun berkaitan dengan pelayanan di dinas kami," tegas dia.

Berkaitan dengan adanya oknum yang tertangkap tangan melakukan pungutan, pihaknya menegaskan, pihaknya menyerahkan proses penanganannya kepada pihak berwenang. "Tentu saja dengan tetap mengedepankan praduga tak bersalah," pungkasnya. (Asep Mulyana)