Ramadan, Pelajar Purwakarta Wajib Dalami Agama

Ramadan, Pelajar Purwakarta Wajib Dalami Agama
Para pelajar di Purwakarta wajib mendalami agama selama Ramadan. (Asep Mulyana)



INILAH, Purwakarta - Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Purwakarta, mengeluarkan sebuah edaran bagi para pelajar di wilayah itu. Kali ini, berkaitan dengan kegiatan belajar mengajar (KBM) selama bulan suci Ramadan.

Dalam edaran tersebut, para pelajar dari mulai tingkat SD dan SMP diwajibkan untuk mengikuti pelajaran pendalaman agama di masing-masing sekolah. Hal ini, untuk mengisi kekosongan KBM yang hanya tinggal menunggu ujian dan pembagian raport.

"Terhitung Rabu (8/5/2019) kemarin, para pelajar tingkat SD dan SMP diharuskan mengikuti kegiatan pendalaman agama. Sedangkan KBM pada umumnya, diliburkan dulu sementara waktu," ujar Kepala Dinas Pendidikan Purwakarta, Purwanto kepada INILAH, Kamis (9/5/2019).

Purwanto menjelaskan, selama bulan puasa ini para pelajar diistilahkannya mengikuti kegiatan pesantren. Tapi ini, bukan pesantren kilat. Adapun pelaksanaan pesantren ini selama tiga pekan kedepan.

Kegiatan pesantren ini, sambung dia, dilakukan secara fleksibel. Jadi, bisa dilakukan di masing-masing sekolah dengan mendatangkan guru agama. Atau, para pelajar ini bisa menimba ilmu langsung ke pondok pesantren ataupun masjid di sekitar lokasi sekolah. 

"Jadi, soal tempat untuk anak itu mendalami agama ini, tergantung dari kesiapan masing-masing sekolahnya," tambah dia. (Asep Mulyana)