Tips Jalani Ramadan ala Mang Oded

Tips Jalani Ramadan ala Mang Oded
Wali Kota Bandung ceramah setelah salat tarawih di Masjid Al Ukhuwah. (istimewa)



INILAH, Bandung - Wali Kota Bandung Oded M Danial berharap, warga Kota Bandung tetap produktif saat Ramadan ini. Salah satu bentuk produktivitas yaitu semakin dekat dengan Allah Swt.

"Kita harus merencanakan apa saja yang akan dilakukan selama Ramadan ini. Mumpung masih awal Ramadan, rencanakan sebaik mungkin," ujarnya saat memberikan ceramah tarawih di Masjid Al Ukhuwah, Senin (6/5/2019). 

Dalam ceramahnya, Oded menyampaikan tiga tips menjalani Ramadan dengan mudah. Pertama, membaca Alquran. Kedua, salat tepat waktu. Terakhir, infak dan sedekah.

Menurutnya, umat muslim sangat mudah melakukan tiga hal tersebut. Pasalnya tiga tip itu merupakan kebiasaan umat muslim selama ini. Sehingga, ia menyarankan agar umat muslim meningkatkan tiga hal tersebut selama Ramadan ini.

"Baca Alquran itu, misalkan sehari satu juz, ya di bulan Ramadan ini bisa 2 juz," ujarnya.  Sedangkan terkait salat, Oded mewanti-wanti agar kaum muslimin melaksanakannya tepat waktu. Menurutnya, muslimin wajib melaksanakan salat dan tidak boleh menunda apalagi meninggalkannya.

"Ketika azan berkumandang, setop kegiatan kita, pekerjaan hentikan dulu. Kita ambil wudu dan salat berjamaah dengan tepat waktu," tegasnya. 

Mengenai infak dan sedekah, Oded mengingatkan agar umat muslim harus saling memberi dan membantu yang membutuhkan. Hal itu sesuai dengan kebiasaan Rasulullah yang selalu memberi kepada yang membutuhkan. 

"Biasakan gemar berinfak sedekah. Ditutup dengan zakat fitrah di akhir Ramadan ini. Bagi para pengusaha atau punya kekayaan cukup maka tunaikan zakat mal," kata Oded. 

Ia berharap umat muslim bisa mengimplementasikan tiga hal tersebut di Ramadan ini. Sehingga umat muslim Kota Bandung semakin dekat dengan Allah Swt. "Isi Ramadan yang istimewa ini dengan program yang baik dan berkualitas," pungkas Oded.