Ramadan, ASN Purwakarta Layani Warga Lebih Pagi

Ramadan, ASN Purwakarta Layani Warga Lebih Pagi



INILAH, Purwakarta – Pemerintah Kabupaten Purwakarta, menggulirkan aturan bagi aparatur sipil negara (ASN) yang ada, berkaitan dengan bulan suci Ramadan. Kebijakan kali ini mengatur soal jam kerja para abdi negara itu selama puasa ini.

Terhitung 1 Ramadan kemarin, sebagian besar pegawai pemerintahan itu masuk kerja lebih pagi selama tujuh jam dalam sehari. Terhitung, dari mulai pukul 06.30 WIB sampai pukul 14.00 WIB. Jadi, selama puasa pelayanan kepada masyarakat akan dilakukan lebih pagi.

Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Purwakarta, Asep Supriatna, membenarkan di momen puasa ini ada perubahan jam masuk kerja ASN. 

Jika biasanya ASN ini masuk kerja pukul 08.00 WIB lalu pulang antara pukul 16.00 WIB sampai 16.30 WIB. Tetapi, selama puasa masuk kerjanya harus lebih pagi dan pulangnya juga lebih awal. 

"Jadi selama puasa, mereka (ASN) harus masuk kantor pukul 06.30 WIB dan pulangnya pukul 13.30 WIB-14.00 WIB," ujar Asep kepada INILAH, Selasa (7/5/2019).

Namun demikian, aturan ini tidak berlaku bagi pegawai yang ada di dinas-dinas yang melakukan pelayanan. Semisal, Disdukcapil, Kantor Arsip, termasuk RSUD. Jadi, di dinas tersebut jam kerjanya tidak ada perubahan alias normal.

Menurut Asep, perubahan jam kerja ini merujuk pada aturan yang dikeluarkan pemerintah melalui KemenPAN-RB. Lalu, di daerah landasan hukumnya yaitu surat edaran bupati.

"Kami berharap, semua ASN bisa menaati aturan ini. Apalagi, di Purwakarta jam kerja lebih pagi selama puasa, bukan hal yang aneh. Sebab, telah berlaku sejak zaman kepemimpinan bupati sebelumnya," tegas dia. (Asep Mulyana)