English Club SMP PGII 1 Bandung, dari Eskul hingga Lomba

English Club SMP PGII 1 Bandung, dari Eskul hingga Lomba
Kegiatan ekstrakurikuler di English Club SMP PGII 1 Bandung.



INILAH, Bandung - English Club SMP PGII 1 Bandung mengajak siswa-siswinya belajar bahasa Inggris dengan cara yang menyenangkan. Tidak kaku, banyak permainan, dan hal menarik lainnya.

Pembelajaran menyenangkan dapat tercipta jika seorang pendidik menguasai berbagai metode pembelajaran dan meramunya sehingga menjadi metode pembelajaran yang variatif.

Langkah-langkah seperti inilah yang juga dilakukan oleh SMP PGII 1 Bandung. Melalui ekstrakurikuler (ekskul) English Club yang ada di sekolahnya, siswa-siswi ini bisa belajar tanpa rasa kaku.

Guru Bahasa Inggris SMP PGII 1 Bandung, Alma Astrida mengatakan, ekskul English Club fokus di bidang pembelajaran bahasa Inggris, tapi lebih menitikberatkan menulis dan berbicara dengan baik.

"Tujuan dari ekskul ini adalah kami ingin memfasilitasi siswa-siswinya yang menyukai dan ingin belajar bahasa Inggris. Selain itu, wadah untuk mengikuti lomba bahasa Inggris," ucap Alma kepada INILAH, Jumat (3/5/2019).

Dia menyatakan, English Club SMP PGII 1 Bandung memiliki sejumlah kegiatan. Mulai dari belajar menulis, misal mendeskripsikan seorang teman dengan bahasa Inggris, membaca atau belajar tentang pengucapan bahasa Inggris yang baik dan benar, dan sederet permainan lainnya.

"Kegiatan ini kita lakukan seminggu sekali dan diikuti oleh seluruh anggotanya. Kami memiliki sebanyak 54 anggota, mereka dari berbagai tingkatan kelas. Saat mereka (siswa) mengikuti ekskul, mereka jadi lebih tahu ketika belajar bahasa Inggris di akademik," paparnya.

Soal manfaat, tentu tak perlu diragukan lagi, dia menyebutkan, siswa-siswi yang mengikuti ekskul English Club di sekolahnya, tentu akan mendapatkan ilmu dan pengalaman baru. Siswa akan jauh lebih percaya diri untuk berbicara bahasa Inggris.

Seperti diketahui, saat ini kata dia, bahasa Inggris sudah menjadi kebutuhan yang tak bisa lepas dari kehidupan. Apalagi di zaman modern seperti ini, dunia kerja selalu membutuhkan orang yang pandai bahasa Inggris.

"Bahasa Inggris di zaman sekarang sangat penting dan sudah seperti bahasa Indonesia. Sebetulnya semua orang sudah paham tentang bahasa Inggris, hanya saja tinggal menggunakannya dengan baik dan benar," imbuhnya.

English Club SMP PGII 1 Bandung pernah mengikuti lomba news reading dan meraih juara 1 se-Jawa Barat pada 2012 lalu. Selain itu, mereka juga pernah mengikuti lomba story telling dan meraih juara 2 se-Bandung Raya pada 2014.

"Saya sih berharap, beranilah untuk berbicara bahasa Inggris. Dan semoga ekskul ini ke depannya semakin baik lagi," tambahnya. (Okky Adiana).

 

Belajar di Ekskul Ini Merasa Enjoy

EKSKUL English Club menjadi daya tarik tersendiri bagi siswa. Terbukti, jumlah anggotanya sebanyak 54 siswa. Setiap kegiatan berlangsung, anggota antusias meramaikannya. Salah satunya, Naza Safinat, siswa SMP PGII 1 Bandung.

Keberadaan English Club di SMP PGII 1 Bandung memang menjadi daya tarik tersendiri bagi setiap siswanya. Pola pembelajaran yang menyenangkan dan jauh dari kesan menegangkan, membuat puluhan anggota klub ini merasa tertarik untuk bergabung dan berkegiatan di English Club. Belum lagi, proses pembelajarannya selalu diisi dengan sejumlah permainan.

Tak heran, ekskul yang didirikan pada 2010 ini selalu saja menjadi pilihan bagi sejumlah siswa-siswinya untuk memperdalam bahasa Inggris yang baik dan benar.

"Dengan adanya ekskul ini, saya jadi merasa terbantu saat ada pembelajaran bahasa Inggris di kelas," katanya.

Siswi lainnya, Meutia Latifah menambahkan, keberadaan ekskul English Club di lingkungan sekolahnya dinilai sangat baik. Ekskul ini bisa menambah ilmu tentang bahasa Inggris dan juga menambah kosakata baru. 

"Di sini saya belajar banyak tentang bahasa Inggris. Saya jadi tahu story telling, menambah teman, belajarnya juga seru," ucapnya.

Dia berharap, ekskul English Club yang ada di sekolahnya bisa menjadi ekskul yang selalu memberikan ilmu-ilmu baru terkait pelajaran bahasa Inggris. Selain itu, ekskul ini juga bisa mengukir prestasi dan membanggakan pihak sekolah. 

"Semoga semakin banyak siswanya dan kegiatan-kegiatannya pun tambah menarik," tambahnya. (Okky Adiana).