UKM Mapakwana, Cinta Alam dan Lingkungan

UKM Mapakwana, Cinta Alam dan Lingkungan
UKM Mapakwana Poltekes Bandung



MENDAKI gunung sembari melaksanakan gerakan peduli lingkungan di Gunung Cikuray, Garut. Hal inilah yang dilakukan mahasiswa UKM Mapakwana Poltekkes Kemenkes Bandung.

Apa yang terlintas di pikiran jika berada di lingkungan yang kotor, banyak, sampah dan mencium bau yang tak sedap?

Selain tidak sehat, lingkungan ini membuat orang tak merasa nyaman, tak betah, dan tentunya tak mau berlama-lama di tempat tersebut.

Para mahasiswa ini melaksanakan kegiatan pendakian Gunung Cikuray, Garut sembari mengampanyekan lingkungan bersih di seputaran gunung tersebut. Idenya sederhana,  mereka membagikan ratusan kantong sampah (trash bag) kepada para pendaki lainnya. 

Sub Divisi Gunung Hutan UKM Mapakwana, Syahrul Rizal mengatakan, kegiatan ini salah satu program kerja dari UKM ini.

Di sini, mahasiswa tidak hanya mendaki, tapi ingin memberikan manfaat bagi warga dan pendaki lainnya tentang edukasi dan pentingnya menjaga lingkungan.

Agar lingkungan tetap bersih, sehat, dan nyaman, tentu membutuhkan kesadaran dari semua pihak. Apalagi bagi seorang mahasiswa, mereka harus memberikan contoh teladan yang baik bagi masyarakat sekitar.

"Ingat, gunung itu bukan tempat sampah, kalau kita mau mendaki jangan ingin enaknya saja dan jangan meninggalkan sampah, tapi harus mau menjaga kebersihan juga," ucap Syahrul kepada INILAH, Sabtu (20/4/2019).

Kendati sederhana, namun kegiatan yang kental dengan nilai edukasi ini memberikan manfaat yang besar. Baik untuk lingkungan sekitar, maupun bagi mahasiswanya itu sendiri. Ilmu yang sudah mereka dapatkan di kampus, bisa diaplikasikan kepada masyarakat luas.

"Semoga ini bermanfaat bagi semuanya dan berdampak baik bagi warga sekitar. Kalau lingkungannya bersih kan, warga juga jadi senang," ujarnya.

Dia berharap, apa yang dilakukannya ini bisa menjadi inspirasi bagi para pendaki lainnya. Tak hanya itu, baik warga sekitar maupun pendaki menyadari akan pentingnya menjaga sebuah lingkungan.

Hal mendasar ini harus terus dikampanyekan, agar mereka yang belum paham tentang kebersihan bisa menyadarinya.

"Jadi jangan hanya mendaki saja, tapi bisa sadar juga dan peduli di lingkungan sekitar," tambahnya. 

Senangnya Bisa Mengaplikasikan Ilmu Kuliah

UKM Mapakwana Poltekkes Kemenkes Bandung disambut baik oleh sejumlah mahasiswanya. Mahasiswa tidak hanya fokus di internal kampusnya saja, tapi juga peduli terhadap lingkungan yang ada di sekitarnya.

Salah seorang mahasiswa, Shandra Rezkia Oktaviani mengatakan, selain mendapatkan ilmu tentang organisasi, dia juga mendapatkan pengalaman yang tak ternilai.

Bahkan mereka pun, bisa mengaplikasikan ilmu yang sudah didapatkan di bangku kuliah kepada masyarakat sekitar.

"Senang sekali saya bisa bergabung di UKM Mapakwana. Setiap tahunnya ada kegiatan pendakian gunung. Kita ke sana bukan cuma melaksanakan program kerja saja, tapi kita juga memberikan manfaat bagi warga sekitar dengan mengampanyekan peduli lingkungan," kata Shandra kepada INILAH, Sabtu (20/4/2019).

Mahasiswa lainnya, M Yaqzhon DH menambahkan, apa yang dilakukan oleh rekan-rekannya ini sangat positif. Kendati hanya membagikan trash bag kepada pendaki lainnya, namun hal mendasar ini harus terus di kampanyekan, agar seluruh lapisan masyarakat sadar betul dalam hal menjaga lingkungan.

"Penting dong. Jadi ke gunung itu bukan hanya menikmati alam, tapi mereka bisa menjaganya juga," ujarnya.

Dia berharap, kegiatan ini bisa terus berlanjut dan memberikan dampak yang baik bagi semuanya. Mahasiswa bisa mengaplikasikan ilmunya, sementara dampak untuk masyarakatnya, mereka menjadi sadar bahwa membuang sampah sembarangan itu akan berdampak buruk kepada lingkungan sekitar.

"Semoga kegiatan ini terus berlanjut dan banyak diikuti juga sama pendaki lainnya. Menjaga lingkungan itu tugas bersama," tambahnya. (Okky Adiana)