Banjir Rendam Ratusan Rumah di Desa Gujeg Kabupaten Cirebon

Lima Kecamatan di Kabupaten Cirebon dilanda banjir parah. Lima kecamatan tersebut adalah Klangenan, Panguragan, Gegesik, Suranenggala, Arjawinangun dan Kecamatan Ciwaringin.

Banjir Rendam Ratusan Rumah di Desa Gujeg Kabupaten Cirebon
ilustrasi banjir di Cirebon. Net

 INILAHKORAN, Cirebon - Lima Kecamatan di Kabupaten Cirebon dilanda banjir parah. Lima kecamatan tersebut adalah Klangenan, Panguragan, Gegesik, Suranenggala, Arjawinangun dan Kecamatan Ciwaringin.

Namun banjir yang paling parah terjadi di Desa Gujeg Kecamatan Pangurangan, Kabupaten Cirebon. Ratusan rumah hampir seluruhnya terendam banjir dengan ketinggian mencapai hampir setengah meter.

Kalak BPBD Kabupaten Cirebon, Alex Suheryawan mengatakan, sampai saat ini pihaknya masih melakukan assesment berapa total rumah yang terdampak dan berapa kerugian yang diderita. Banjir yang mulai datang sejak kemarin, juga semakin parah saat sekitar pukul 03.00 WIB menyerang Desa Gujeg.

Baca Juga : PPNI Siap Wujudkan Cirebon Sejahtera

Alex menjelaskan, beberapa desa di lima kecamatan yang paling parah terkena banjir adalah Desa Gujeg, Kreo, Selangit, Panguragan, Suranenggala, Bayalangu serta Desa Arjawinangun.

"Disamping intensitas curah hujan tinggi, juga merupakan air kiriman dari sungai Winong. Kita sudah melakukan koordinasi dengan BBWS untuk membuka bendung karet," kata Alex, Selasa  24 Januari 2023.

Sayangnya, sampai saat ini pihak BPBD Kabupaten Cirebon, blm bisa merilis kerugian yang ditimbulkan akibat banjir yang cukup parah tersebut. Namun sejak kemarin, jalan raya bayalangu arah Kecamatan Arjawinangun menuju gegesik dan sebaliknya, masih terendam banjir.

Baca Juga : Santri Dukung Ganjar Peduli Seni dan Budaya di Depok, Kolaborasi Gelar Festival Pencak Silat

"Kami belum bisa merilis kerugian dan dampak banjir. Kita masih terus melakukan pemantauan dilapangan. Takutnya hari ini turun hujan lagi, " Aku Alex.

Sampai berita ini diturunkanpun. Kabarnya banjir semakin meluas merambah ke kecamatan gegesik. Beberapa ruas jalanpun mulai tergenang dengan ketinggian sekitar 30cm. Beberapa warga mengaku kebingungan dengan kondisi tersebut. Mereka mengaku khawatir, kalau hari ini kembali hujan turun dengan intensitas tinggi.

"Kondisi tidak hujanpun banjir belum surut juga malah semakin meluas ke arah gegesik. Bagaimana kalau hari ini hujan turun lagi," aku Islah warga Bayalangu. (maman suharman)


Editor : asayuti