10 Cara Ampuh Berhenti Menjadi Sombong

Kita semua harus berusaha untuk memiliki sifat yang baik. Namun, terlalu banyak hal baik dapat menyebabkan ketidakseimbangan.

10 Cara Ampuh Berhenti Menjadi Sombong
Berikut adalah cara-cara yang dapat Anda lakukan untuk membangun kembali keseimbangan dan mengembalikan kesombongan Anda menjadi percaya diri. (Pixabay)

INILAHKORAN, Bandung - Kita semua harus berusaha untuk memiliki sifat yang baik. Namun, terlalu banyak hal baik dapat menyebabkan ketidakseimbangan.

Misalnya, kepercayaan diri adalah sesuatu yang dicita-citakan setiap orang, itu memungkinkan seseorang untuk membuka potensi penuhnya tanpa rasa takut atau ragu-ragu.

Namun, rasa percaya diri yang terlalu berlebihan bisa membuat mereka dibutakan oleh keangkuhan mereka sendiri dan menjadi sombong. 

Baca Juga : Tips Hidup Bahagia dari Perspektif Diri Sendiri

Berikut adalah cara-cara yang dapat Anda lakukan untuk membangun kembali keseimbangan dan mengembalikan kesombongan Anda menjadi percaya diri.

1. Renungkan Ketidaksempurnaan Anda.

Kadang-kadang, mungkin karena keahlian yang berkembang atau citra diri yang tidak terbatas, seseorang mungkin menganggap dirinya lebih tinggi dari orang lain dan menunjukkan keunggulan tersebut melalui kata-kata dan tindakan.

Baca Juga : Kolaborasi SGM Eksplor dan Alfamart Dukung Pendidikan dan Nutrisi Anak Generasi Maju Indonesia

Untuk menangkal persepsi ini, Anda harus merenungkan ketidaksempurnaan Anda. Akui bahwa Anda juga memiliki kekurangan seperti orang lain, dan Anda tidak bisa sempurna dalam segala hal yang Anda lakukan.

Hanya ketika Anda menerima ini, Anda dapat mulai mengembangkan citra diri Anda yang lebih seimbang, sesuatu yang akan membantu Anda menjadi lebih membumi.

2. Pamer yang Tidak Berlebihan.

Baca Juga : Psikologi Asmara: Tanda Pria Menyesal Telah Mengabadikan Wanita

Tidak apa-apa untuk memamerkan dan menyombongkan kemampuan Anda dari waktu ke waktu. Bagaimanapun, Anda bekerja keras untuk mencapainya, dan Anda pantas mendapatkan pengakuan. Namun, Anda harus memamerkannya dalam jumlah sedang.

3. Tampilkan Lebih Banyak dan Katakan Lebih Sedikit.

Dalam pembuatan film, mereka mengatakan bahwa menunjukkan adalah cara yang lebih baik untuk menyampaikan cerita daripada menceritakan, dan mungkin hal yang sama dapat dikatakan ketika mencari pengakuan tanpa menjadi sombong.

Baca Juga : Apakah Pelaku Ghosting Bisa Kembali? Jawabannya Tentu Saja Bisa, Berikut Alasannya

Jika Anda ahli dalam permainan video, tunjukkan seberapa baik Anda dengan mengalahkan semua bos tingkat tinggi alih-alih mengetik komentar arogan tentang betapa tidak terkalahkannya Anda dan betapa lemahnya pemain lain.

4. Latih Kerendahan Hati.

Bahkan jika semua orang tahu bahwa Anda pandai dalam sesuatu, yang terbaik adalah tetap rendah hati. Ini bukan untuk mengatakan bahwa menyombongkan diri itu buruk.

Baca Juga : Mengecek Kondisi Motor Untuk Perjalanan Jauh, Apa Saja?

Sekali lagi, kami telah menyebutkan bahwa memamerkan dalam jumlah sedang dapat diterima. Namun, ada situasi di mana bersikap rendah hati lebih disukai. Nyatanya, rendah hati terlepas dari pengetahuan dan keterampilan seseorang membuatnya terlihat jauh lebih keren.

5. Terima Kritik yang Membangun.

Ciri umum di antara orang sombong adalah mereka menolak untuk menerima umpan balik negatif dari orang lain. Jangan diperbudak oleh keangkuhan.

Baca Juga : Seperti Ini Kepiting Pembuat Bola Pasir

Semakin Anda membuka diri terhadap kritik yang membangun, Anda akan semakin tercerahkan tentang kekurangan Anda. Sekaligus membantu Anda menyadari kesalahan, berpikiran lebih terbuka, dan berusaha untuk menjadi orang yang lebih baik.

6. Kelilingi Diri Anda dengan Orang yang Tepat.

Mereka mengatakan bahwa burung dari bulu yang sama berkumpul bersama. Meski peribahasa ini bukan kebenaran mutlak, namun berlaku untuk perkembangan karakter seseorang.

Jika Anda mengelilingi diri Anda dengan orang sombong lainnya, Anda akan sulit melihat kesombongan Anda sendiri. Oleh karena itu, berusahalah untuk mengenalkan diri Anda dengan orang-orang yang tidak sombong.

Anda tidak hanya akan mendapatkan lebih banyak tips untuk menghilangkan kesombongan. Tetapi dengan menjadi bagian orang-orang yang tidak sombong, Anda juga dapat mengembangkan karakter membumi yang sama dengan yang mereka miliki.

7. Belajar Mengalah dan Meminta Maaf.

Kesombongan mereka terkadang membutakan mereka terhadap fakta bahwa ide orang lain lebih baik daripada ide mereka sendiri, tidak pernah mengakui seberapa banyak pun bukti yang diberikan. 

Selain itu, harga diri mereka menghalangi mereka untuk meminta maaf kepada siapa pun yang mungkin telah mereka sakiti atau sakiti.

Oleh karena itu, langkah kunci untuk meninggalkan kesombongan adalah belajar bagaimana menerima kekalahan dan menyampaikan permintaan maaf yang tulus.

8. Tunjukkan Rasa Hormat kepada Orang Lain.

Menghormati orang lain adalah obat yang sangat efektif melawan sebagian besar penyakit kepribadian, termasuk kesombongan. Jika Anda mengetahui nilai rasa hormat, maka Anda tidak akan pernah menampar wajah orang lain yang sombong.

Anda akan lebih sensitif tentang perasaan dan situasi mereka, dan Anda akan tahu kapan Anda harus berhenti menegaskan dan mulai menerima. Ketika Anda menghormati orang, Anda sudah setengah jalan menyingkirkan kesombongan.

9. Jangan Jadikan Semuanya Persaingan.

Jangan salah paham, menjadi kompetitif tidak buruk. Namun, jika Anda bersaing dalam segala hal yang Anda lakukan, maka Anda cenderung menjadi sombong, semuanya dalam upaya untuk menunjukkan kepada orang lain bahwa Anda lebih baik. 

Kadang-kadang berhenti membandingkan diri Anda dengan orang lain akan membantu Anda menghargai kekuatan Anda tanpa menggunakan tindakan drastis yang mengarah pada kekasaran dan kesombongan.

10. Lebih Mencintai Diri Sendiri.

Ini mungkin hal terpenting yang harus dilakukan beberapa orang untuk tidak menjadi sombong. Ini mungkin terdengar ironis, tetapi terkadang, orang menggunakan arogansi untuk menyembunyikan ketidakamanan mereka dan melindungi harga diri mereka.

Jangan terlalu keras pada diri sendiri. Beri diri Anda cinta dan pengakuan yang pantas Anda dapatkan. Cobalah untuk benar-benar bahagia dan percaya diri tentang apa yang dapat Anda lakukan dan singkirkan topeng kesombongan itu.

Kesimpulan.

Kesombongan bukanlah hal yang permanen. Kita semua mampu menjadi individu yang lebih baik. Selama Anda mau menerima kesalahan Anda, mendengarkan orang lain, dan tabah menuju perbaikan diri, Anda pasti akan menjadi orang yang percaya diri.*** (ridwan firdaus)


Editor : donramdhani