• Utamakan Pembangunan Air Bersih Berkelanjutan

    Oleh : Daulat Fajar Yanuar25 Mei 2018 14:45
    INILAH, Jakarta ‚Ä" Sumber air bersih merupakan elemen penting untuk menunjang kehidupan sehari-hari manusia.

    Jika kebutuhan air bersih dapat tercukupi maka ekosistem akan terhindar dari penyakit yang dapat menyebar lewat air, dapat hidup secara sehat, dan menjadi manusia yang berkualitas.

    Sebaliknya jika kebutuhan air bersih tidak terpenuhi dan akses untuk mendapatkannya sangat sulit maka berbagai ancaman mengintai kehidupan manusia mulai dari penyakit ringan seperti diare sampai stunting alias kondisi anak memiliki tinggi badan lebih rendah dari standar usianya.

    Peneliti dari Pusat Penelitian Limnologi Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) Ignatius Dwi Sutapa mengatakan konsep ekohidrologi dapat menjadi solusi dengan melakukan pendekatan dalam pengelolaan sumber daya air terpadu.

    Konsep ini menawarkan pendekatan pembangunan berkelanjutan dalam memahami lingkungan dan sistem sumber daya air melalui pemahaman interdepensi proses dan komponen siklus hidrologi di ekosistem darat dan perairan.

    ‚ÄúPendekatan ekohidrologi mampu meningkatkan kualitas sumber daya air dengan mempertimbangkan unsur ekologi, hidrologi, ekoteknologi, dan budaya,‚ÄĚ kata Ignasius dalam Media Briefing ‚ÄúPola Hidup Bersih: Aplikasi Ekohidrologi untuk Ketersediaan Air Bersih yang Berkelanjutan di Indonesia‚ÄĚ di Gedung LIPI, Jakarta, Jumat (25/5).

    Dia melanjutkan, perbandingan antara ketersediaan air dengan penambahan jumlah penduduk dunia sangat jomplang dan akan mempengaruhi kehidupan di masa mendatang.



    TAG :


    Berita TERKAIT