• Headline

    HUT ke-25, Viking Tagih Janji

    Oleh : Rianto Nurdiansyah17 Juli 2018 23:01

    BERBEDA dengan tahun-tahun sebelumnya, kali ini Viking Persib CLub (VPC) merayakan ulang tahunnya ke-25 dengan membentangkan spanduk bertuliskan "Mana Janjimu" dan Kembalikan Sekretariat Kami".

    Komunitas suporter Persib terbesar di dunia Viking Persib Club (VPC) menggelar doa bersama sebagai bagian dari rangkaian hari ulang tahun (HUT) yang ke-25. Acara tersebut diadakan di Taman Bobotoh, Jalan Gurame, Selasa (17/7), tempat yang terdapat bangunan saksi lahir dan berkembangnya VPC.

    Kegiatan doa bersama ini dihadiri ratusan anggota VPC dari berbagai distrik yang ada di wilayah Kota Bandung dan sekitarnya. Sebelumnya mereka berkumpul di Stadion Persib, Jalan Ahmad Yani.

    Biasanya, setiap kali VPC merayakan hari jadinya selalu melakukan konvoi, dan mencuci patung sepak bola di Jalan Lembong, Braga, Kota Bandung. Namun, semenjak Persib juara Indonesia Super League (ISL) 2014, kebiasaan itu diubah menjadi ziarah ke makam pendiri sekaligus panglima Viking, Ayi Beutik di Kampung Rancaengang, Desa Rancamulya, Kecamatan Pamengpeuk, Kabupaten Bandung.

    Tahun ini, para pengurus dan anggota Viking ini sudah melakukan itu pada Kamis 21 Juni 2018 lalu. Namun bertepatan dengan tanggal berdirinya VPC pada 17 Juni kemarin, tak ada kemeriahan ataupun konvoi.

    Yang terlihat beberapa karangan bunga ucapan selamat ulang tahun Viking ke-25 di letakan di depan bekas sekretariat mereka di Jalan Gurame, Kota Bandung. Lalu di atas bangunan dengan cat warna biru itu, terbentang spanduk beruliskan "Mana Janjimu" dan "Kembalikan Sekretariat Kami".

    Beberapa pentolan Viking terlihat berkumpul di sekitaran Taman Bobotoh yang dibangun dalam kawasan sekretariat mereka yang sudah dikosongkan sejak satu tahun lalu. Entah apa maksud dari tulisan itu. Kabarnya, Pemkot Bandung kala itu menjanjikan akan memindahkan sekretariat mereka ke lokasi yang lebih presentatif.

    Salah satu pendiri VPC, Tedi Ekek, mengatakan Sekretariat di Jalan Gurame ini penuh dengan kenangan. Lazimnya di hari jadi, pihaknya punya harapan. Yaitu memiliki sekretariat baru, sebagai tempat berkumpul atau merumuskan gagasan. "Di usia ke-25 tahun ini kami butuh sekretariat baru," kata Tedi.

    Tak hanya sebagai tempat pendaftaran anggota dan pengambilan tiket laga Persib, sebelumnya sekretariat yang dibangun pada masa Dada Rosada menjabat sebagai wali kota Bandung ini kerap digunakan organisasinya bertukar pikiran. Terutama saat tak ada agenda pertandingan.

    "Dulu kita ngawangkong di sini, tukar pikiran menciptakan gagasan. Sekretariat ini sejarah buat kami," ucapnya.

    Memang selalu rutin, setiap ulang tahun anggota VPC berkumpul di sekretariat ini. Begitu pula menjelang Persib bertanding, sudah pasti sekretariat penuh anggota. "Setelah berkumpul di sini kita jalan bersama-sama," katanya.

    Tedi kembali mengenang, sekretariat di Jalan Gurame ini pun kerap dijadikan tempat menginap tamu-tamu dari suporter lain. Walaupun ukurannya hanya sekitar 4x8 meter, namun fungsinya sangat besar untuk VPC.

    "Kalau ada tamu dari suporter lain mereka menginap di sini walaupun kecil. Mereka tidur di luar dikasih matras," kenangnya.

    Kini 25 tahun sudah VPC hadir menjadi pemain ke-12 untuk Persib. Cukup banyak distrik organisasi ini bahkan hingga di luar Indonesia. "Sekarang terjauh ada di Inggris, Arab, Korea, Jepang, Taiwan, Kanada, Singapura, Malaysia, Australia," ucapnya.

    Tedi menambahkan, bila dalam tahun ini sekretariat yang dijanjikan akan diganti ke tempat yang lebih presentatif itu belum ada, maka keluarga besar Viking bakal melakukan urunan untuk membeli tempat yang akan dijadikan sekretariat baru mereka. "Kalau masih tidak ada juga kita akan udunan" tuntasnya. (ddy)


    TAG :


    Berita TERKAIT