• Headline

    Puasa Ramadan, Persib tak Akan Kurangi Porsi Latihan

    Oleh : Yogo Triastopo16 Mei 2018 14:28
    INILAH, Bandung - pelatih fisik Persib Bandung Yaya Sunarya memastikan puasa Ramadan tak mengganggu persiapan Persib Bandung menghadapi pekan ke sepuluh Liga 1 2018.

    Maung Bandung, kata dia, akan tetap fokus berlatih seperti halnya bulan biasa. Hanya waktu dan adaptasi di pola makan saja yang berbeda.

    ”Intensitas dan volume latihan akan tetap sama, hanya waktu dan adaptasi di pola makan saja yang berbeda. Dan kita pun, sudah melakukan koordinasi tentang hal ini,” kata Yaya di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA), Rabu (16/5/2018).

    Menurut dia, apabila ada perbedaan pada materi latihan dan pengkondisian di bulan suci Ramadan, jelas bakal memberikan pengaruh kepada tim.

    Sehingga dia mengusulkan agar skuat Persib tetap melakukan aktivitas dengan volume dan intensitas yang sama seperti halnya di luar bulan ramadhan.

    “Artinya di masa kompetisi (walau puasa), kita harus tetap menjaga fisik, teknik, taktikal dan mental seperti dalam masa kompetisi ketika bertanding,” ucapnya.

    Tak berubahnya program berlatih, kata dia, sudah disampaikan kepada seluruh pemain. Termasuk soal waktu sesi latihan di bulan suci musim ini.

    Dari beberapa masukan pemain, penggawa Maung Bandung ingin agar sesi latihan digelar pada waktu sore hari jelang berbuka puasa.

    “Saya tanya coach oke dan kita akan coba (sore hari). Tapi tidak menutup kemungkinan juga latihan malam. Dalam satu minggu nanti ada latihan malam,” ujar dia

    Yaya menambahkan, ditundanya laga melawan Persebaya Surabaya di pekan ke sembilan liga, sedikit tidaknya memberikan pengaruh terhadap tim.

    Hal paling kentara adalah soal menurunnya intensitas permainan tim. Tetapi hal itu, dapat tergantikan dengan menggelar laga uji coba atau game internal.

    “Secara intensitas permainan, pastinya terganggu. Tetapi di sisi lain, kita punya rentang waktu yang bisa dimanfaatkan untuk menjaga kebugaran pemain,” ucapnya.

    Jika tidak ada aral melintang, tim kebanggaan bobotoh tersebut, disebut dia berencana untuk menggelar laga uji tanding pada pengujung pekan ini.

    “Kita akan adakan game internal di hari Sabtu untuk mengkondisikan lawan PSM. Untuk tempat kita masih koordinasi, bisa di Arcamanik atau GBLA,” tandas dia. [gin]

    TAG :


    Berita TERKAIT