• Headline

    Persib Jalani Tradisi Munggahan

    Oleh : Rianto Nurdiansyah15 Mei 2018 21:55
    PEMAIN Persib diundang Manajer Umuh Muchtar bersilaturahmi sekaligus menyambut Bulan Suci Ramadan. Ini biasa dilakukan masyarakat sunda menjelang puasa yang disebut munggahan.

    Siang itu di kawasan Kiaracondong, Kota Bandung, Selasa (15/5), ramai. Saat bus Persib tiba di lokasi, masyarakat menyambutnya. Namun, mereka tak diperbolehkan memasuki area acara.

    Minus Mario Gomez dan Fernando Soler, para awak Maung Bandung menyalami Umuh dan para tamu undangan lainnya. Setelah mendengar pidato ramah-tamah yang disampaikan manajer berusia 69 tahun itu, para pemain langsung melahap beberapa hidangan ala Eropa hingga masakan khas Indonesia yang disediakan. Di antaranya spagheti, sate dan tumpeng.

    Tak hanya pemain lokal yang hadir. Barisan amunisi impor seperti Ezechiel Ndouassel, Bojan Malisic, Jonathan Bauman dan Inkyun Oh pun turut melahap beberapa hidangan. Di antara mereka hadir pula beberapa tokoh setempat.

    "Alhamdulillah semua pemain hadir, hanya Pelatih Mario Gomez dan asistennya (Fernando Soler) tidak bisa datang karena ada urusan yang tidak bisa ditinggalkan. Saya memang jarang bertemu dengan mereka karena kesibukan. Alhamdulillah sekarang kita bisa berkumpul," kata Umuh.

    Dia berharap seluruh pemain dan masyarakat yang hadir di acara munggahan ini diberikan keselamatan. Demikian bisa menjalani ibadah puasa selama satu bulan penuh. "Mudah-mudahan diberikan keselamatan. Ke depan kita saling membersihkan diri, mengosongkan perut," katanya.

    Menurut Umuh, orang yang berpuasa adalah yang paling bahagia. Bagaimana tidak, setelah siang hari menahan lapar dan dahaga, maka diberikan kenikmatan di saat adzan magrib berkumandang untuk berbuka puasa.

    Tak hanya itu, tambah dia, kenikmatan orang yang berpuasa akan sangat lengkap setelah melewati segala godaan selama satu bulan penuh. Sebab setelah itu bakalan ada hari yang sangat dinantikan, yaitu Hari Raya Idul Fitri.

    "Orang yang tidak berpuasa jika dibandingkan dengan yang berpuasa jelas paling nikmat itu yang berpuasa. Kita manahan lapar juga dahaga, disaat berbuka itu sangat bahagia. Mudah-mudahan semuanya bisa bertahan sampai lebaran," paparnya.

    Karena itu, secara pribadi pria karib diasapa Pak Haji ini rindu pada bulan penuh berkah dan ampunan tersebut. Umuh berharap diberikan kesempatan untuk berpuasa penuh selama satu bulan lamanya. "Saya rindu dengan bulan Ramdan. Terus-terang bisa menjaga pola makan juga," ungkapnya.

    Selain pahala, ada bonus yang Allah berikan jika dapat menjalankan ibadah yang satu ini. Umuh sangat percaya, dengan berpuasa bisa membuat dirinya lebih sehat. Hal ini sudah dia rasakan sendiri.

    "Orang yang berpuasa itu Insya Allah sehat. Kalau orang yang tidak teratur waktu dan makan yang tidak benar itu banyak yang sakit. Dengan berpuasa kan akan teratur semuanya," pungkas Umuh. (ddy)

    TAG :


    Berita TERKAIT