• Headline

    Persaingan Kasta Super Jalapa 2018 Segera Dimulai

    Oleh : redaksi28 April 2018 12:02
    INILAH, Bandung- Kompetisi persaingan kasta Super Jago Bola Pasundan (Super Jalapa) Liga 3 zona Jawa Barat segera digelar.

    Secara resmi Liga 3 di buka dan mendapat dukungan penuh dari Super Soccer saat launching Super Jalapa Liga 3 di Pendopo Papuri‎, Jalan Soekarno Hatta, Jum'at (27/4).

    Diikuti 42 tim se- Jawa Barat yang akan dibagi menjadi 6 grup‎ dan masing-masing grup akan diisi oleh 7 tim yang akan berkompetisi memperebutkan delapan tiket untuk maju ke tingkat nasional

    Sekretaris Panitia Pelaksana Super Jalapa Liga 3 2018 Iwan Suwanda mengungkapkan, sesuai dengan kalender yang telah dijadwalkan kick off pada hari Minggu 29 April hingga 13 Mei 2018 dan berakhir di Akhir Juli 2018.

    " Kick Off akan digelar serentak di enam titik dan dipusatkan di Stadion Warung Jambu, Majalengka," tuturnya pada wartawan usai launching Super Jalapa Liga 3 di Pendopo Papuri Jalan Soekarno Hatta, Bandung, Jum'at (27/4).

    Iwan menjelaskan, ‎Super Jalapa Liga 3 2018 akan diikuti sebanyak 42 tim se- Jabar dengan sistem kompetisi penuh dengan format home-away dengan dua putaran. Dan setiap tim akan berlaga sebanyak 12 kali di babak penyisihan.

    " Sistem kompetisi yang akan diikuti oleh 42 tim se- Jabar dengan sistem kompetisi penuh. Dalam satu grup tergabung tujuh tim, dengan format satu tuan rumah, sistem home- away. Dan setiap tim akan bertanding sebanyak 12 kali dalam babak penyisihan grup,"jelasnya.

    Periode kompetisi Liga 3 Super Jalapa 2018 diselenggarakan sejak April hingga akhir Juli 2018. Pelaksanaan akan digelar dalam tiga tahap. Putaran Provinsi, Putaran Regional, dan Putaran Nasional.

    Putaran Provinsi sendiri, khususnya di Jawa Barat memiliki kuota 8 tim yang akan melaju ke Putaran regional. Di Putaran Regional, semua tim Liga 3 akan digabung dengan tim Sumatera 4 tim, Jawa 8 tim, Kalimantan 3 tim, Sulawesi 3 tim, Bali dan Nusa 2 tim, Maluku 1 tim, dan Papua 3 tim.

    Sistem gugur dengan format home-away akan digunakan dalam putaran regional. Dengan 24 klub yang dipastikan lolos menghuni babak regional. Dan untuk Putaran Nasional, selanjutnya PSSI yang akan menentukan, dan 6 Klub teratas akan dipromosikan dan maju di Liga 2 2019.

    Sementara itu, regulasi pemain, setiap klub maksimal memiliki kuota 18- 30 pemain dengan ketentuan, pemain kelahiran 1 Januari 1996 ( U-19) sampai seterusnya. Dan semua pemain harus berstatus pemain amatir.

    Tries Pondang perwakilan Super Soccer menuturkan, ini merupakan musim kedua untuk super soccer hadir kembali dalam kegiatan Liga 3 Jabar. Pihaknya berkomitmen, untuk mensupport setiap kegiatan yang diadakan asprov Jabar khususnya Liga 3 Jabar.

    " Kita dari Super Soccer berkomitmen untuk terus mendukung kegiatan yang dilaksanakan Asprov Jabar khususnya di Liga 3 Jabar ini, karena Liga 3 ini banyak talenta muda yang ‎usia antara 21 tahun sampai dengan 23 tahun," tuturnya.

    Untuk support, lanjut dia, hampir sama dengan tahun lalu, pihaknya selalu hadir dan bekerjasama dengan asprov dari tiap daerah.‎ " Dan untuk sistem yang dipakai, masih sama dengan tahun lalu putaran pertama dan kedua. Setelah itu sistem Knock Out (KO) untuk 16 besar final,"ujarnya.
    Dia berharap, ada tim yang berhasil lolos untuk ke Liga 2, dan di Super Jalapa Liga 3 animo lebih banyak dari tahun sebelumnya, terutama Jawa Barat karena memiliki kuota yang cukup banyak yaitu 8 tiket.

    Dalam kesempatan yang sama, Legenda Sepak Bola Nasional sekaligus pelatih ‎Persikasi (Bekasi) Ajat Sudrajat mengungkapkan, untuk kompetisi kali ini, pihaknya merasakan hal yang sama dengan tim lainnya, dengan berbagai persiapan yang cukup terbatas.

    " Termasuk tim persikasi baru berjalan 3 mingguan, namun, apapun yang terjadi kita tetap optimis, maju dan punya target masuk di 8 besar," ujarnya.

    Dia melanjutkan, untuk sekarang targetnya lolos dari Jabar. Bahkan saat ini pihaknya bersama aspel Mustika Hadi sedang berlatih sebagai bukti keseriusan dalam menghadapi Liga 3 ini. Dan 25 pemain sudah disiapkan termasuk untuk regulasinya sendiri.

    " Kita sangat serius mempersiapkan tim untuk berlaga di Liga 3 ini, karena kita punya target saat ini lolos di Jawa Barat," ujarnya.

    Untuk penyelenggara sendiri diperbolehkan menyertakan pemain senior yang bermain di Liga 1 dan Liga 2 pada tahun sebelumnya. Dan jika ingin bermain di Liga 3 status harus beralih menjadi pemain amatir sesuai regulasi status dan transfer Edisi terakhir.

    Pemain dari Liga 3 pada tahun yang sama dapat berpindah ke klub Liga 3 yang lain dengan batas satu kali perpindahan di musim yang sama dengan ketentuan masa perpindahan yang sudah diatur oleh PSSI. Pemain yang telah terdaftar di Liga1, Liga 2, dan Liga U-19 tidak diperbolehkan bermain di Liga 3.

    Pendaftaran pemain akan dilakukan dalam 2 tahapan, untuk Putaran Provinsi, dimulai sejak 3 Maret sampai 31 Maret 2018. Sedangkan, untuk Putaran Nasional, waktu ditentukan kemudian.[jek]


    Pembagian Grup Liga 3 Super Jalapa 2018 tingkat Jawa Barat dan Lapangan Pertandingan :

    Grup A ( Stadion Tambun di Kabupaten Bekasi)
    1. Bandung Timur ( Bandung)
    2. Patriot CB ( Bekasi)
    3. Buaran Putra ( Bekasi)
    4. Mabor Maverrick FC ( Depok)
    5. Persikasi (Bekasi)
    6. Persipu ( Depok)
    7. Persipasi (Bekasi)

    Grup B ( Stadion Wiradadaha Tasikmalaya)
    1. Persikotas ( Tasikmalaya)
    2. Persikoban ( Banjaran)
    3. Persitas (Tasikmalaya)
    4. Parma FC ( Bandung)
    5. Perses ( Sumedang)
    6. Putra Jaya ( Garut)
    7. Persigar (Garut)

    Grup C ( Stadion Mini Anda S Dipura, Kota Baru, Kabupaten Karawang)
    1. Benfica FC
    2. Roksi FC ( Subang)
    3. Blaster FC ( Karawang)
    4. Persikas (Subang)
    5. Bone FC (Bandung)
    6. Loreng FC (Karawang)
    7. Persipo FC (Purwakarta)

    Grup D ( Lapang Angkasa , Sulaeman, Kabupaten Bandung)
    1. Persikab ( Bandung)
    2. Maung Anom (Bandung)
    3. Bintang Muda (Bandung)
    4.‎ PSKC (Cimahi)
    5.‎ Prima Con FC (Cimahi)
    6. Cimahi Putra ( Cimahi)
    7.‎ Fearless Rambo FC (Bandung)

    Grup E ( Stadion Warung Jambu, Majalengka)
    1. Super Progresif (Majalengka)
    2. PSIT ( Cirebon)
    3. Pesik (Kuningan)
    4. Persima (Majalengka)
    5. Persindra (Indramayu)
    6. PSGJ (Cirebon)
    7. Bina Putra (Cirebon)

    Grup F (Lapangan Sepakbola KONI Citeurep, Bogor)
    1. Citeureup Raya (Bogor)
    2. Perssi (Sukabumi)
    3. Persikabumi (Sukabumi)
    4. PSB (Bogor)
    5. Gapura FC (Bogor)
    6. Bintang Timur (Bogor)
    7. Kabomania (Bogor)


    Tags :
    # #


    Berita TERKAIT