• Headline

    452 Orang di Purwakarta Terjangkit HIV/AIDS

    Oleh : Asep Mulyana12 Oktober 2018 13:41
    INILAH, Purwakarta - Penyebaran penyakit HIV/AIDS di Kabupaten Purwakarta cukup memprihatinkan. Bahkan, sejak beberapa tahun terakhir penyebaran penyakit mematikan itu cukup aktif di wilayah ini.

    Seperti data yang dilansir Yayasan Resik Purwakarta. Hingga September kemarin, tercacat ada 452 orang dengan HIV/AIDS (ODHA) di wilayah ini. Jumlah ODHA ini merupakan akumulasi dari data tahun-tahun sebelumnya.

    "Data sampai akhir 2017 lalu, jumlah penderita HIV/AIDS ini mencapai 350 orang. Di 2018 ini meningkat lagi, jadi 452 orang. Artinya, ada peningkatan lagi sebanyak 102 kasus baru di tahun ini," ujar Direktur Yayasan Resik Purwakarta, Hasanuddin kepada wartawan, Jumat (12/10/2018).

    Dia menjelaskan, ODHA di wilayah ini mayoritas mereka yang usianya masih produktif antara usia 26-48 tahun. Namun, kata dia, ada juga balita usia 0 sampai 4 tahun yang mengidap penyakit mematikan itu.

    Dia juga mewanti-wanti dan hanya bisa mengimbau, supaya masyarakat tak melakukan hal konyol. Seperti, melakukan seks bebas. Mengingat, tren penularan HIV/AIDS tertinggi akibat seks bebas.

    Apalagi, catatan dia, penyebaran HIV/AIDS di wilayah ini sudah meluas hingga 14 dari 17 kecamatan yang ada. Hal itu merujuk pada kasus HIV/AIDS yang ditemukan di 14 kecamatan itu.

    "Hampir di seluruh kecamatan yang ada, ditemukan ODHA ini. Jadi, harus diwaspadai," jelas dia.

    Dia menambahkan, dalam hal upaya mencegah semakin luasnya peredaran virus HIV-AIDS, pihaknya bersama Dinas Kesehatan gencar melaksanakan pemeriksaan untuk deteksi dini kasus HIV-AIDS.

    "Deteksi dini kasus HIV-AIDS terus gencar dilakukan. Selain itu, juga menggiatkan kampanye mengenai bahaya HIV/AIDS. Mudah-mudahan bisa menekan angka penyebaran," pungkasnya.

    TAG :


    Berita TERKAIT