• Remaja Asal Purwakarta Sulap Barang Bekas Jadi Miniatur Motor

    Oleh : Asep Mulyana23 September 2018 17:12
    INILAH, Purwakarta - Jauh dari ingar bingar kehidupan kota, tepatnya di Kampung Citenjo, Desa Cimahi, Kecamatan Campaka, Kabupaten Purwakarta‎, ada seorang remaja yang bisa dibilang sangat kreatif.

    Arman Maulana (19), begitulah ia disapa, kreatifitasnya patut diacungi jempol. Tangan dinginnya mampu memanfaatkan barang bekas dan menyulapnya menjadi miniatur mobil dan motor klasik‎. Uniknya, kemampuannya membuat miniatur ini muncul secara otodidak.

    Dicky mengaku, awal mulanya dia hanya menyoba-nyoba membuat miniatur mobil. Tepatnya, pada 2014 lalu. dirinya memulai dengan barang bekas berupa kaleng minuman, kabel, kertas dan kawat.

    Kemudian, muncul ide untuk membuat karya seni dari barang-barang itu. Motor jenis Moge saat itu menjadi karya pertamanya. Hasil karyanya ini, semuanya dia lakukan seorang diri.

    "Awalnya sih cuma nyoba-nyoba saja. Alhamdulillah, ternyata banyak yang minat dan pesan buat pajangan,," ujar remaja yang baru lulus SMA itu, belum lama ini.

    Dia menjelaskan, dalam membuat satu miniatur motor dan mobil klasik itu, dirinya membutuhkan waktu hingga sepekan. Itupun, tergantung dari ukuran, ketersediaan bahan dan tingkat kerumitan karya seni yang dibuatnya itu.

    Arman sendiri mengaku, dalam pembuatan miniatur motor/mobil ini 80 persen bahan baku di antaranya dibuat dari bahan bekas atau limbah. Sisanya 20 persen, seperti ban dan pelek diambil dari ban mainan asli.

    Kini, miniatur motor yang ia buat sudah lumayan diminati banyak orang. Pesanan pun terus bermunculan. Satu miniatur motor, ia jual seharga Rp 150 ribu. Khusus untuk miniatur mobil, dirinya membandrol harga Rp 300 ribu.

    TAG :


    Berita TERKAIT