• Headline

    Belasan Kecamatan di Kabupaten Cirebon Butuh Air Bersih

    Oleh : erika21 September 2018 18:12
    INILAH, Cirebon- Sedikitnya 12 kecamatan di Kabupaten Cirebon mengalami kekeringan. Akibatnya, ribuan warga tak dapat memenuhi kebutuhan air bersih.

    Distribusi air bersih pun terus dilakukan BPBD Kabupaten Cirebon. Instansi lain diminta turut serta melakukan distribusi air bersih dengan berkoordinasi dengan BPBD setempat.

    Pelaksana Teknis Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Cirebon, Eman Sulaeman mengungkapkan, setiap minggu secara rutin mereka mengirimkan air bersih ke sejumlah desa yang tengah kekurangan air bersih.

    Distribusi air bersih sejauh ini telah dilakukan di enam titik, empat titik di antaranya bekerjasama dengan PDAM Kabupaten Cirebon dan dua lainnya oleh instansi lain bekerjasama dengan BPBD Kabupaten Kuningan.

    "Sudah sejak dua pekan lalu pengiriman air bersih kami lakukan. Polres Cirebon juga distribusi air bersih," ungkapnya, Jumat (21/9).

    Pendistribusian di satu titik, biasanya mengerahkan dua truk tangki berisi air bersih berkapasitas masing-masing 6 ribu liter.

    Pengiriman tersebut akan rutin dilakukan sehingga masyarakat tak lagi kesulitan memperoleh pasokan air bersih di daerahnya.

    Bagi lembaga maupun instansi terkait lain yang ingin menyalurkan air bersih diharapkan melakukan pula koordinasi dengan BPBD Kabupaten Cirebon. Tujuannya agar penyebaran dan penyaluran air bersih merata.

    Sebagaimana diketahui, Kabupaten Cirebon termasuk zona merah rawan kekeringan dan kekurangan air bersih saat musim kemarau.

    Salah satu pengiriman air bersih dilakukan bagi warga di Desa Cilukrak, Kecamatan Palimanan, Kabupaten Cirebon, Kamis (20/9). Koordinator lapangan BPBD Kabupaten Cirebon, Faozan menyebutkan, desa ini terletak di daerah pegunungan dan termasuk daerah terpencil.

    "Kondisinya benar-benar sudah kering, air sungai juga sudah tak ada air sehingga sawah pun mengalami kekeringan," tuturnya.


    TAG :


    Berita TERKAIT