• Headline

    Banyak Lokasi Wisata di Purwakarta Minim Fasilitas Ibadah

    Oleh : Asep Mulyana12 Juli 2018 16:40
    INILAH, Purwakarta - Kabupaten Purwakarta memiliki 'Seabrek' lokasi-lokasi cukup eksotis yang bisa dikunjungi untuk berwisata.‎

    Sayanganya, ada sebagian pengelola pariwisata tak memperhatikan kelengkapan fasilitas penunjang di lokasi tersebut. Misalnya, fasilitas ibadah bagi para pengunjungnya.

    Minimnya fasilitas ibadah ini, menimbulkan keluhan dari para pengunjung. Terutama, mereka para wisatawan mancanegara, misalnya dari Timur Tengah. Alhasil, dinas terkait pun harus membenahi kondisi tersebut.

    Kepala Bidang Pariwisata dan Kebudayaan, Disporaparbud Kabupaten Purwakarta, Heri Anwar mengakui hal tersebut. Menurutnya, memang sudah harus ada terobosan supaya para wisatawan ini betah berkunjung ke Purwakarta.

    Termasuk di antaranya, bisa menjalankan ibadah dengan nyaman di sela-sela berwisata.

    "Kami akui masih sangat minim. Contoh, di hotel berbintang, kelas melati ataupun penginapan lain, masih kurang memerhatikan keberadaan musala. Begitu pula di tempat-tempat wisata, fasilitas ibadah itu terbilang minim," ujar Heri kepada INILAH, Kamis (12/7/2018).

    Kkata dia, seharusnya fasilitas ibadah, seperti musala harus menjadi prioritas. Termasuk, kelengkapan lainnya. Misalnya, menyediakan Al Quran, mukena, sarung dan kelengkapan ibadah lainnya.

    Rencananya, bulan ini Pemkab Purwakarta bakal mengeluarkan kebijakan soal wisata halal. Dalam kebijakan ini, salah satu itemnya, yakni pengelola wisata, hotel dan penginapan lainnya dituntut untuk menyediakan fasilitas ibadah yang representatif bagi pengunjungnya.

    "Ada banyak PR yang memang harus kami benahi. Supaya program wisata halal yang digulirkan pemerintah bisa berjalan maksimal," pungaksnya.

    TAG :


    Berita TERKAIT