• H-5 Penutupan, Belum Ada Parpol Daftarkan Bacalegnya ke KPU

    Oleh : Asep Mulyana12 Juli 2018 12:46
    INILAH, Purwakarta - KPU Kabupaten Purwakarta, telah membuka pendaftaran bakal calon legislatif (Bacaleg) yang ingin bertarung dalam Pileg 2019. pendaftaran bacaleg sendiri, sudah dibuka sejak 4 Juli 2018 lalu dan akan ditutup pada 17 Juli mendatang.

    Namun sayang, sejak pendaftaran dibuka belum ada satupun Partai politik (parpol) yang mendaftarkan bacalegnya ke lembaga penyelenggara pemilu itu. Komisioner KPU sendiri, belum mengetahui secara pasti alasan 16 parpol yang menjadi peserta pemilu ini belum juga mendaftarkan jagoannya.

    Ketua KPU Kabupaten Purwakarta Ramlan Maulana mengatakan, sosialiasi untuk pendaftaran bacaleg ini sebenarnya sudah dilakukannya sejak jauh-jauh hari. Bahkan, sebelumnya sudah ada rapat koordinasi dengan masing-masing parpol mengenai waktu pendaftaran, yakni 4-17 Juli 2018.

    "Kami standby di kantor KPU menunggu parpol mendaftarkan bacalegnya. Masih ada waktu hingga 17 Juli mendatang," ujar Ramlan kepada INILAH, (12/7/2018).

    Meskipun demikian, pihaknya sudah mendapat informasi bahwa ada tiga parpol di periode 15 dan 16 Juli mendatang. Masing-masing, Partai Perindo dan Nasdem akan mendaftar pada 16 Juli dan Partai Berkarya sehari sebelumnya, yakni 15 Juli. Dia pun berharap ketiga parpol ini bisa mendaftat sesuai dengan waktu yang telah direncanakan.

    Semetara itu, sejumlah parpol sampai saat ini masih terus memburu figur-figur yang diyakini memiliki polpularitas serta elektabilitas di setiap daerah pemilihan (dapil). Salah satunya, Partai Hanura yang membidik beberapa jurnalis untuk menjadi bacalegnya.

    Ada sedikitnya tiga jurnalis, yang diketahui sudah mengikuti proses pemberkasan di partai besutan Wiranto tersebut.

    Dihubungi terpisah, Ketua DPC Partai Hanura Purwakarta R Priyatna Kusumah menyatakan, dalam Pileg 2019 ini sedang konsentrasi memenuhi kuota 45 bacaleg yang akan bertarung merebut kursi DPRD Purwakarta. Pihaknya menargetkan, bisa mendapat kursi sebanyak-banyaknya.

    "Saat ini Partai Hanura memiliki 4 kursi. Ke depan harus lebih besar lagi. Makanya kami membidik teman-teman dari jurnalis untuk menjadi bacaleg dari Hanura," pungkasnya.[jek]

    TAG :


    Berita TERKAIT