• Aparat Desa di Karawang Diminta Tak Sembarangan Keluarkan SKTM

    Oleh : Asep Mulyana12 Juli 2018 03:50
    INILAH, Karawang - Pemkab Karawang, meminta aparatur desa/kelurahan yang ada tidak sembarangan mengeluarkan Surat Keterangan Tidak Mampu (SKTM) bagi warga. Apalagi, jika hanya digunakan untuk kepentingan pendidikan.

    Kepala Bagian Pemerintahan, Pemkab Karawang, Wiwiek Krisnawati imbauan ini agar tidak terjadi penyalahgunaan oleh warga mampu dalam Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB). Jadi, dalam mengeluarkan SKTM kades atau lurah diimbau melakukan verifikasi lapangan untuk memastikan warga yang mengajukan benar-benar tidak mampu.

    "Sebelum mengeluarkan SKTM, mohon dikroscek dulu. Jangan sampai kondisinya tidak sesuai dengan fakta di lapangan," ujar Wiwiek kepada wartawan, Rabu (11/7tambahnya.

    Menurut dia, ada banyak hal untuk mengecek bahwa si pemohon SKTM ini benar warga tidak mampu. Indikatornya, bisa dilihat apakah warga tersebut masuk sebagai penerima raskin, atau terdaftar sebagai peserta Jamkesmas.

    Untuk lebih jelasnya, bisa juga dikonfirmasi ke Dinas Sosial setempat. Selain itu, pekerjaan yang tertera dalam Kartu Keluarga (KK) juga bisa dijadikan patokan orang tua siswa patut menerima SKTM.

    "Kalau wiraswasta kan tidak mungkin tidak mampu. Apalagi kalau PNS, langsung coret," seloroh dia.

    Menurutnya, tidak seluruhnya SKTM yang diajukan warga untuk keperluan pendidikan, melainkan juga untuk kesehatan.

    "Namun, tidak menutup kemungkinan pada musim PPDB memang kebanyakan untuk pendidikan," katanya lagi.

    Dalam hal ini, pihaknya pun meminta sekolah turut melakukan verifikasi lapangan siswa yang mendaftar menggunakan SKTM. Jika kemudian terbukti bodong, maka SKTM tersebut pantas untuk digugurkan.

    Dia pun menyarankan, jika kemudian warga mendapati adanya dugaan SKTM bodong, mereka diharapkan melapor ke pihak desa/kelurahan, sekolah, atau pihak berwenang lainnya.

    "Lapor ke desa/kelurahan dulu. Nanti jika dicek ternyata mampu, maka (SKTM) bisa dibatalkan," pungkasnya.[jek]

    TAG :


    Berita TERKAIT