• Purwakarta Gelar Festival Ratusan Bedug

    Oleh : Asep Mulyana14 Juni 2018 17:00
    INILAH, Purwakarta - Pemkab Purwakarta, kembali membuat event spektakuler. Sedikitnya, 243 bedug akan ditabuh secara bersamaan saat malam takbiran. Kegiatan yang melibatkan massa banyak ini, akan terkonsentrasi di Jalan KK Singawinata (kawasan Situ Buleud).

    Kasubag Keagamaan, Pendidikan dan Kebudayaan, Bagian Kesra Setda Purwakarta, Dindin Ibrahim Mulyana mengatakan, festival ratusan bedug ini merupakan kegiatan rutin yang kerap dilakukan pemkab pada malam takbiran.

    Kegiatan ini, diikuti ribuan peserta dari berbagai kalangan. Bedug yang dibawa peserta tidak lagi ditabuh secara beriringan. Melainkan, serempak akan ditabuh saat malam takbiran di satu lokasi.

    "Jadi, polanya dibuat statis. Yakni, para peserta parade akan terkonsentrasi di sepanjang Jalan KK Singawinata, Situ Buleud," ujar Dindin kepada INILAH, Kamis (14/6/2018).

    Menurut dia, selain kegiatan rutin ‎untuk menyambut hari raya Idul Fitri, parade bedug ini juga sebagai bagian dari imbauan supaya tak ada warga yang menggelar takbiran keliling kota.‎

    Dia berpendapat, ‎dari pada berkeliling kota, lebih baik masyarakat turut serta dalam acara ini.

    Dia menambahkan, para peserta yang akan ikut memeriahkan parade dulag 2018 ini merupakan perwakilan dari OPD, UPTD, kecamatan, desa dan kelurahan. Meski begitu, pihaknya tak menutup diri bila ada masyarakat yang ingin berpartisipasi.

    TAG :


    Berita TERKAIT