• Headline

    KPUD Kota Cirebon Rampung Cetak Surat Suara Pemilu

    Oleh : erika16 Mei 2018 20:00
    fotografer: Ilustrasi/net
    INILAH, Cirebon- KPUD Kota Cirebon telah rampung mencetak surat suara untuk Pilkada Kota Cirebon pada 27 Juni 2018 sejumlah 236.485 lembar.

    Surat suara yang dicetak disesuaikan jumlah Data Pemilih Tetap (DPT) Kota Cirebon yang tercatat 230.446 lembar, ditambah DPT plus 2,5% dari total Tempat Pemungutan Suara (TPS) se-Kota Cirebon. Selain itu, disiapkan pula surat suara cadangan yang untuk Pemungutan Suara Ulang (PSU) sebanyak 2.000 lembar.

    "Jadi totalnya 238.485 lembar. Proses pencetakan diatur langsung KPU RI dan percetakan asal Solo, Jawa Tengah, dan datang dengan pengawalan ketat aparat kepolisian," beber Koordinator Divisi Sumber Daya Manusia dan Partisipasi Masyarakat KPUD Kota Cirebon, Dita Hudayani.

    Proses pencetakan surat suara didahului lelang melalui e-katalog dengan nilai Rp124/lembar. Dia meyakinkan, pencetakan surat suara telah sesuai peraturan perundang-undangan, salah satunya spesifikasi metroteks untuk menghindari duplikasi.

    Secara keseluruhan, proses pencetakan berlangsung pada 11-13 Mei 2018. Surat suara itu selanjutnya akan dilipat selama ramadhan.

    Sementara itu, pasca kampanye terbuka yang berlangsung dua hari pada 12-13 Mei 2018, KPUD Kota Cirebon bersama Desk Pilkada Kota Cirebon menertibkan sejumlah alat peraga kampanye (APK) rusak maupun yang ditempatkan pada lokasi tak semestinya. Penertiban juga melibatkan Panwaslu serta tim kampanye kedua pasangan calon (paslon) wali kota dan wakil wali kota Cirebon.

    "Ada 300 orang anggota kami yang disebar di lima kecamatan se-Kota Cirebon untuk menertibkan APK rusak dan yang berada di lokasi tak seharusnya, seperti di pohon, tiang listrik, sarana ibadah, dan lainnya," papar Dita.

    Dia memastikan, penertiban APK sesuai peraturan perundang-undangan. Tak hanya APK milik peserta Pilkada Kota Cirebon, APK milik peserta Pemilihan Gubernur-Wakil Gubernur Jawa Barat (Pilgub) juga dilaksanakan 27 Juni 2018 pun ditertibkan.[gin]

    Tags :
    # #


    Berita TERKAIT