• Headline

    Pangandaran akan Disulap seperti Hawaii

    Oleh : Rianto Nurdiansyah08 Oktober 2018 15:41
    fotografer: Ilustrasi/net
    INILAH, Bandung - Provinsi Jawa Barat bakal memiliki destinasi wisata pantai dengan kelas dunia. Pantai Pangandaran akan direvitalisasi agar kian tertata seperti di Hawaii.

    Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menilai pantai yang menjadi salah satu ikon di Jabar Selatan tersebut memiliki nuansa wisata yang tidak kalah jempolan dengan negara-negara lain. Karena itu, Pemerintah Provinsi Jabar dan Pemerintah Kabupaten Pangandaran akan berkolaborasi untuk mewujudkan itu.

    "Di pantai timur dan pantai barat akan kita desain, sehingga di sana tidak terjadi kekumuhan. Mau menengah atas menengah bawah semuanya berinteraksi," ujar Ridwan Kamil di Gedung Sate, Kota Bandung, Senin (8/10/2018).

    Gubernur yang akrab disapa Emil ini menyampaikan, mengenai desain bukan tak mungkin akan mengikuti pola penataan pantai di Hawaii. Dia sudah memiliki gambaran setelah mengujungi pantai yang kerap menjadi primadona wisatawan berbagai negara tersebut.

    Namun, ucap dia, butuh keterlibatan masyarakat untuk mengikuti aturan agar Pantai Pangandaran bisa semakin indah dan nyaman.

    "Untuk penataan pantai pangandaran, saya pernah ke Hawai beberapa kali, saya kira bisa, tidak susah asalkan kita ikuti pola yang akan kita desain dan masyarakat mengikuti aturannya. Kita harus naik kelas dari penataan biasa-biasa menjadi luar biasa," kata dia.

    Disinggung soal anggaran, Emil menjelaskan, Pemprov Jabar akan berkolaborasi dengan Pemerintah Kabupaten Pangandaran. Dengan demikian, biaya revitalisasi pantai tersebut bisa lebih ditekan. "Sebagian Pangandaran sudah ada, sebagian dari Provinsi," pungkasnya. (riantonurdiansyah)


    TAG :


    Berita TERKAIT