• Ridwan Kamil Segera Luncurkan Desa Digital

    Oleh : Rianto Nurdiansyah24 September 2018 17:09
    INILAH, Bandung-Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengatakan dalam waktu dekat pihaknya akan meluncurkan program Desa Digital. Hal ini digagas untuk mentransformasi kehidupan desa melalui teknologi.

    Hal tersebut dia sampaikan setelah menggelar Rapat Pimpinan (Rapim) di Gedung Sate, Kota Bandung, Senin (24/9/2018).

    "Seluruh kehidupan desa akan kita digitalisasi ada Wifi sedesa, website, punya akses langsung ke gubernur curhat dan sebagainya, ada desa award juga," ujar gubernur karib disapa Emil ini.

    Selain itu, pihaknya juga akan memberikan bantuan kredit kepada warga di setiap desa. Di mana, masyarakat yang membutuhkan bisa mengkasesnya melalui ponsel. Emil katakan, terkait ini baru dibicarakan berupa gagasan.

    "Jadi kita mentransformasi sesuai visi Jabar sebagai provinsi digital. Belum ke teknis masih berupa gagasan," ucapnya.

    Lebih lanjut, dia akan memerintahkan setiap OPD untuk mencetuskan satu inovasi dalam satu tahun. Sedangkan untuk Dinas Sosial (Dinsos) akan ada program kartu Jabar Juara untuk golongan ekonomi lemah.

    "Kita ada program membangun Puskesos sebuah wilayah unuk mengelola permasalahan sosial. kita ada program family for family satu keluarga miskin akan diadopsi oleh satu keluarga sejahtera," imbuh Emil seraya mengklaim dengan adanya program ini akan mengurangi beban APBD.

    Termasuk untuk BPBD, dia akan membuat program cetak biru tanggap bencana. Dalam hal ini, pihaknya pun akan menyiapkan aplikasi yang menunjang program ini. Adapun, program Jabar Bergerak nantinya akan dilaksanakan oleh Dispora.

    "Ada program Perda pemuda wajib untuk tingkat dua untuk Dinkes ada layat rawat, ada program zero stunting di masyarakat," pungkas dia.[jek]

    TAG :


    Berita TERKAIT