• Headline

    Pindad Terima Investasi US$100 Juta

    Oleh : Doni Ramdhani12 Oktober 2018 18:29
    fotografer: Doni Ramdhani
    INILAH, Bandung - PT Pindad menjalin kerja sama strategis di bidang amunisi dengan Waterbury Farrel. Salah satu divisi dari Magnum Integrated Technologies Inc itu menanamkan investasi untuk pembangunan pabrik amunisi kaliber kecil.

    Direktur Utama Pindad Abraham Mose mengatakan, kerja sama itu ditandatangani dalam nota kesepahaman dengan President & CEO Waterbury Farrel Andre Nazarian pada Pertemuan Tahunan IMF World Bank 2018 di Inaya Hotel, Nusa Dua, Bali, Kamis (11/10).

    "Kerja sama investasi strategic partnership dengan Waterbury Farrel ini terhitung senilai US$100 juta. Ini digunakan untuk pembangunan pabrik amunisi kaliber kecil," kata Abraham.

    Menurutnya, kerja sama yang dijalin ini berbentuk skema build operate transfer (BOT). Harapannya, pada akhir 2019 nanti Pindad sanggup mencapai penjualan 350 juta butir per tahun. Angka tersebut diakuinya masih di bawah kebutuhan TNI-Polri yang terhitung sekitar 500 juta butir per tahun.

    Dia menjelaskan, peningkatan kapasitas produksi sebanyak 350 juta butir per tahun itu mempengaruhi pendapatan sebesar Rp1,4 triliun per tahun. Produksi amunisi itu pun men-substitusi impor sekitar Rp342 miliar per tahun.

    Pengembangan fasilitas lini produksi amunisi kaliber kecil ini sesuai dengan amanat UU No 16/2012. Dalam aturan tersebut, untuk memenuhi kebutuhan TNI dan membangun kemampuan serta kemandirian industri pertahanan di masa yang akan datang. Pengembangan itu dilakukan secara bertahap dan progresif untuk membangun bisnis amunisi yang kompetitif secara internasional.

    Kontribusi utama Pindad akan menyediakan wilayah manufaktur dan keahlian tenaga kerja di Malang, Jatim. Sedangkan, Waterbury yang akan menyediakan lini produksi amunisi dan menjamin produk berkualitas tinggi dan harga bersaing. Selain itu, perusahaan asal Kanada itu pun menyediakan teknologi dan proses yang maju, solusi turn key, dan membantu dalam pengembangan jaringan pemasaran dan penjualan global.

    Selain kualitas, kerja sama itu diharapkan dapat meningkatkan kuantitas produk. Amunisi yang akan diproduksi yakni amunisi kaliber kecil yang digunakan untuk senjata pistol dan senapan.

    Sebagai informasi, Waterbury Farrel merupakan industri terkemuka dan penyedia amunisi lengkap dan pabrikan rolling mill. Perusahaan ini pun memiiki keahlian dalam peralatan untuk membentuk logam, rolling, dan produk-produk industri pertahanan yang berjalan lebih dari 160 tahun keahlian dan pengalaman di seluruh dunia.[jek]

    TAG :


    Berita TERKAIT