• Headline

    BBM Nonsubsidi Kembali Naik

    Oleh : Doni Ramdhani10 Oktober 2018 17:35
    fotografer: Ilustrasi/net
    INILAH, Bandung - Unit Manager Communication & CSR Marketing Operation Region (MOR) III Pertamina Dian Hapsari Firasati mengatakan, Rabu (10/10) ini pihaknya menyesuaikan harga bahan bakar minyak (BBM) di SPBU.

    "Sejak pukul 11.00 WIB, khusus Pertamax Series dan Dex Series, serta Biosolar Non-PSO berlaku harga baru. Sedangkan harga BBM Premium, Biosolar PSO, dan Pertalite tidak naik," kata Dian.

    Menurutnya, kenaikan harga itu berlaku di seluruh Indonesia. Kecuali, daerah yang terkena bencana alam di Nusa Tenggara Barat dan Sulawesi Tengah sementara ini harga tidak naik. Penyesuaian harga BBM jenis Pertamax, Pertamax Turbo, Dexlite, Pertamina Dex, dan Biosolar Non PSO merupakan dampak dari harga minyak mentah dunia yang terus merangkak naik.

    Dia menjelaskan, saat ini harga minyak dunia rata-rata menembus US$80 per barel. Terkait penyesuaian harga itu ditetapkan mengacu pada Permen ESDM No 34/2018 perubahan kelima atas Permen ESDM No 39/2014 tentang Perhitungan Harga Jual Eceran BBM. Atas ketentuan tersebut, Pertamina menetapkan penyesuaian harga.

    "Sebagai contoh di wilayah DKI Jakarta dan sekitarnya, harga Pertamax Rp10.400/l, Pertamax Turbo Rp12.250/l, Pertamina Dex Rp11.850/l, Dexlite Rp10.500/l, dan Biosolar Non PSO Rp9.800/l. Harga yang ditetapkan ini masih lebih kompetitif dibandingkan dengan harga jual di SPBU lain. Harga yang ditetapkan untuk wilayah lainnya bisa dilihat pada website Pertamina," tuturnya.

    Dari harga sebelumnya, secara rinci kenaikan yang terjadi per liternya pada Pertamax sebesar Rp900, Pertamax Turbo naik Rp1.550, solar NPSO naik Rp2.200, minyak tanah NPSO naik Rp2.420, Dexlite naik Rp1.500, dan Pertamina Dex naik Rp1.350.

    Di bagian lain, dia menjelaskan Pertamina memberikan apresiasi kepada pelanggan melalui program Berkah Energi Pertamina. Program ini sebagai wujud penghargaan untuk para konsumen yang dengan setia menggunakan produk unggulan Pertamina yang lebih ramah lingkungan.

    "Pertamina senantiasa memberikan BBM dengan kualitas dan harga terbaik bagi konsumen setia Pertamina. Penyesuaian harga BBM umum selengkapnya di beberapa daerah bisa dilihat di website www.pertamina.com," ucapnya. [gin]

    TAG :


    Berita TERKAIT