• Pentingnya Pendidikan Karakter Tertib Lalu Lintas bagi Siswa

    Oleh : Okky Adiana06 Agustus 2018 14:30
    fotografer: Ilustrasi/net
    INILAH, Bandung - Dinas Pendidikan Jawa Barat ikut aktif mendukung kegiatan pembentukan karakter bagi siswa-siswi sekolah. Salah satunya adalah karakter tertib berlalu lintas.

    Sekretaris Dinas Pendidikan Jawa Barat Firman Adam mengatakan, melalui pendidikan lalu lintas, generasi muda dapat didorong mampu mengembangkan sikap dan etika berlalu lintas yang santun, aman, nyaman, tertib dan selamat, baik bagai dirinya maupun orang lain.

    "Kami mendukung kegiatan seperti ini, penting ya, karena dapat membentuk karakter siswa. Terutama dalam berlalulintas," kata Firman.

    Dia mengatakan, Pendidikan Kewarganegaran (PPKn) merupakan mata pelajaran yang memfokuskan pada pembentukan warga negara yang memahami dan mampu melaksanakan hak-hak dan kewajibannya untuk menjadi warganegara Indonesia yang berkarakter.

    Konsep PPKn lanjut dia, berkaitan dengan konsep pendidikan lalu lintas, sehingga sangat tepat bila kedua konsep tersebut memfokuskan pada pembentukan sikap dan perilaku sesuai dengan nilai dan norma.

    "Tujuan pendidikan lalu lintas adalah pertama untuk meningkatkan sopan santun dan tatacara berlalulintas. Kedua mengubah perilaku pemakai jalan, ketiga menurunkan pelanggaran dan kecelakaan lalu lintas dan mewujudkan keamanan, ketertiban dan kelancaran lalu lintas," pungkasnya. [gin]

    TAG :


    Berita TERKAIT