• Unpad Gelar Pemilihan Rektor

    Oleh : Okky Adiana25 Juli 2018 17:08
    fotografer: Okky Adiana
    INILAH, Bandung - Dalam waktu dekat ini, kampus Universitas Padjajaran (Unpad) akan melaksanakan pesta demokrasi, yakni pemilihan Rektor Unpad periode 2019-2024.

    Hal ini ditandai dengan telah dilakukan berbagai pertemuan oleh Majelis Wali Amanat (MWA) Unpad sejak Juni lalu dan menghasilkan agenda tahapan-tahapan Pemilihan Rektor Periode 2019-2024.

    Sekretaris Eksekutif MWA, Erri Megantara, mengatakan, pihaknya tidak akan membatasi untuk jumlah bakal calon Rektor Unpad. Semakin banyak kandidat, lanjut dia, justru hal ini akan semakin baik dan yang terpenting adalah, memenuhi persyaratan yang sudah ditetapkan.

    "Apabila calon lebih dari tiga, maka akan ada seleksi, dengan cara uji kompetensi, nanti dipilih tiga yang terbaik," kata Eri saat prescon di kampus Unpad, Jalan Dipatiukur, Kota Bandung, Rabu (25/7).

    Dia mengungkapkan, beberapa persyaratan umum yang harus dimiliki calon Rektor Unpad adalah, memiliki kewarganegaraan Indonesia, memiliki akademik Doktor (S3) dan memiliki jabatan akademik paling rendah lektor kepala yang berasal dari perguruan tinggi dalam negeri yang terakreditasi atau perguruan tinggi luar negeri yang diakui oleh Kementrian yang membidangi perguruan tinggi.

    Sehat jasmani dan rohani untuk menjalankan tugas sebagai Rektor yang dibuktikan dengan surat keterangan dokter dan psikoligi dari rumah sakit pemerintah atau daerah, memiliki intregritas yang baik. Tidak pernah dipidana dengan pidana penjara berdasarkan putusan pengadilan yang telah mempunyai kekuatan hukum tetap.

    Dia menambahkan harus memiliki rekam jejak akademik dan kepemimpinan akademik yang baik, mempunyai visi, wawasan dan minat terhadap pengembangan Unpad, memahami sistem pendidikan Unpad dan nasional dan lainnya.

    "Hal ini berdasarkan peraturan MWA Unpad nomor 3 tahun 2017, pasal 6," ujarnya.

    Penjaringan bakal calon yang akan digelar pada 6 sampai dengan 27 Agustus 2018. Selanjutnya adalah proses seleksi administratif pada 6 sampai 27 Agustus 2018, pemeriksaan kesehatan pada 31 Agustus hingga 6 September 2018, uji kompetensi pada 3 sampai dengan 17 September 2018, penetapan pengumuman calon Rektor pada 17 September 2018, pemilihan dan penetapan Rektor pada 18 September sampai 11 Oktober 2018 dan pelantikan Rektor pada 2 April 2019.[jek]

    TAG :


    Berita TERKAIT