• Headline

    193 ASN Korupsi akan Dipecat

    Oleh : Rishad Noviansyah25 September 2018 17:32
    INILAH, Bogor- Jawa Barat menempati urutan kedua dengan Aparatur Sipil Negara (ASN) terbukti korupsi dan vonisnya sudah inkrah. Gubernur Ridwan Kamil pun akan memberhentikan 193 ASN Pemprov Jabar yang terbukti korupsi.

    Pria yang akrab disapa Emil itu memastikan tidak akan membela ASN yang memang terbukti korupsi. Dia akan merumuskan sistem yang akan membatasi gerak-gerik ASN untuk bertindak korup.

    "Saya sih ikut aturan saja. Kalau arahannya diberhentikan, ya diberhentikan," kata Emil saat mengunjungi SMK Bina Mandiri Parungpanjang, Kabupaten Bogor, Selasa (25/9).

    Data dari Badan Kepegawaian Negara (BKN), ada lima daerah (provinsi, kabupaten, kota) terbanyak yang terdapat ASN terpidana korupsi namun belum diberhentikan. Yakni Sumatera Utara dengan 298 orang, Jawa Barat 193 orang, Riau 190 orang, NTT 183 orang dan Papua 146 orang.

    Secara keseluruhan, ada 2.357 orang PNS terbukti korupsi yang belum dipecat. Sebagai tindak lanjut, pemerintah lewat Surat Keputusan Bersama (SKB) Menteri Dalam Negeri, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi serta kepala Badan Kepegawaian Negara menyepakati agar pemecatan para PNS yang terbukti korupsi itu dilakukan paling lama Desember 2018.


    TAG :


    Berita TERKAIT