• Headline

    Diresmikan, Tarif Tol BORR Seksi II Rp10 Ribu Sampai Rp20 Ribu

    Oleh : Rizki Mauludi07 Juni 2018 19:44
    INILAH, Bogor - Sempat tertunda, Tol Bogor Outer Ring Roud (BORR) seksi IIB resmi dibuka Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono pada Kamis (7/6) sore.

    Tol BORR seksi II B akan digratiskan hingga dua pekan ke depan. Tarifnya ditetapkan Rp10 ribu sampai Rp20 ribu.

    Diretur Utama PT Marga Sarana Jabar (MSJ) Hendro Atmodjo mengatakan, pembangunan Tol BORR Seksi IIB sudah selesai 100 persen, dan juga sudah selesai uji layak fungsi pada 18 Mei 2018 lalu.

    "Seharusnya Tol BORR seksi IIB sepanjang 2,6 kilometer diresmikan pada bulan April lalu, namun karena masih ada beberapa hal yang harus diselesaikan jadi tertunda. Salah satunya sertifikat yang baru didapat, jadi baru saat ini diresmikan," ungkapnya usai peresmian.

    Hendro melanjutkan, usai peresmian, jalan yang melintas di Tol BORR seksi IIB ini masih gratis dan itu berlaku sejak diresmikan 7 Juni sampai 20 Juni 2018. Pihaknya akan memasang tarif baru setelah masa gratis berakhir.

    "Kami tentukan tarifnya terbagi beberapa golongan, untuk golongan dua Rp10 ribu, tiga Rp15 ribu dan golongan empat serta lima sebesar Rp20 ribu," tambahnya.

    Sementara Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono menuturkan, bahwa peresmian tol BORR Seksi IIB ini merupakan perintah langsung dari Presiden Joko Widodo, jadi harus segera diresmikan.

    "Kemarin beliau (presiden-red) telepon tanyakan ruas ini. Saya bilang ruas ini panjangnya 2,6 km, apa mau bapak resmikan atau saya potong tumpeng saja?. Jadi hari ini kebetulan beliau ada acara peresmian Bandara Ahmad Yani Semarang, sehingga tidak bisa hadir," tuturnya.

    Basuki juga mengatakan, pembangunan ruas tol BORR ini akan terus dilanjutkan hingga Seksi III nanti, jadi tol bisa tersambung hingga ke Parung serta Antasari.

    "Nah, ruas tol ini akan kami teruskan ke arah Parung dan kemudian ke arah Antasari, ke selatan terus ke Cigombong lagi, jadi jalan lingkar Bogor. Mudah-mudahan terbentuk sistem jalan tolnya," bebernya.

    Sementara itu Dirut PT Jasa Marga Desi Aryani mengatakan, bahwa proyek jalan tol ini dibangun selama 24 jam dengan konstruksi melayang atau elevated.

    Jalan Tol BORR Seksi IIB dapat membantu Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor dalam menyelesaikan permasalahan kepadatan arus lalu lintas di jalan arteri.

    "Tol ini masih ada seksi III yang nanti bakal tersambung jadi Jagorawi II karena tersambung Jagorawi I. Dalam waktu dekat kami harapkan Jagorawi bukan satu-satunya alternatif menuju Bogor," tegasnya.

    Diketahui, secara keseluruhan, Jalan Tol BORR dibagi menjadi empat seksi, yaitu seksi I Ruas Sentul Selatan-Kedung Halang 3,85 kilometer (km) telah beroperasi sejak tahun November 2009, seksi IIA Ruas Kedung Halang-Kedung Badak sepanjang 1,95 km telah beroperasi sejak Mei 2014, seksi IIB Ruas Kedung Badak-Simpang Yasmin 2,65 km dan seksi III meliputi ruas simpang Yasmin-Salabenda nantinya sepanjang 4,6 km.


    TAG :


    Berita TERKAIT